Fokus Rohil

Diskanlut Diminta Seriusi Sektor Perikanan

 

BAGANSIAPIAPI - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) diminta serius menangani sektor perikanan terutama habitat laut seperti yang ada di perairan Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika). Pasalnya, tanpa peran Diskanlut, hasil tangkapan nelayan di laut Palika mengalami penurunan sejak beberapa pekan terakhir. 
 
"Harus kita akui, sektor perikanan dan kelautan itu sangat dominan di daerah kita (Palika). Hanya saja, hasil tangkapan agak sedikit mengalami penurunan. Berapa besar penurunannya, saya kira datanya ada di Dinas Perikanan dan Kelautan Rohil," kata Camat Palika, H Muhammad Nasir, Jumat (8/11/2013). 
 
Berkaitan dengan menurunnya hasil tangkapan itu, tambah Nasir, jelas dapat memberikan dampak keresahan nelayan. Salah satu diantaranya yakni dapat menurunkan pendapatan ekonomi masyarakat. "Untuk itulah perlu adanya terobosan dari Diskanlut agar nelayan dapat bertahan hidup. Karena, fenomena seperti ini jarang terjadi, makanya instansi terkait diminta segera memberikan solusi," harapnya. 
 
Misalnya, sebut Nasir, Solusi itu dengan membuat suatu program agar nelayan tetap semangat dan sedikit terhibur. "Intinya program di sektor perikanan untuk masyarakat dapat terus dilaksanakan. Sebab, kalau sektor perikanan dan kelautan membaik, maka dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," kata Nasir. (rep1)