Riau Raya

Terkendala Lahan, Pekanbaru Kesulitan Rebut Dana Kemenkop

 

PEKANBARU - Akibat tak memiliki lahan pasar, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kesulitan merebut dana APBN dari Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM. Padahal, setiap Pemerintah Daerah yang memiliki lahan bakal dibantu dana pembangunan pasar. 
 
Kepala Dinas Koperasi Kota Pekanbaru, Neng Elida, Kamis (7/11/2013) mengakui hal tersebut. "Padahal dana dari Kemenkop dan UKM itu setiap tahunnya dikucurkan ke daerah yang memiliki lahan legal milik pemerintah daerah apabila ingin mendirikan pasar. Tetapi, sampai saat ini kita masih kesulitan mencari lahan," sebutnya.
 
Selain mendapat bantuan dana pendirian pasar, pasar yang didanai APBN tersebut harus di bawah naungan Dinas Koperasi. "Saya sudah sering kali menyampaikan peluang ini harus ditangkap. Namun sampai sejauh ini belum ada koperasi yang berhasil menyediakan lahan yang dibutuhkan," kata Neng. 
 
Ia berharap, jika ada koperasi yang mengusulkan lahan yang cocok dibangun pasar, pihaknya segera menyampaikan proposal kepada Kemenkop dan UKM. "Jika sudah ada lahan pasar, bantuan pembangunan pasar itu sendiri dialirkan secara rutin setiap tahunnya oleh Kemenkop dan UKM sebesar Rp1 miliar," tuturnya. (rep1)