Fokus Rohil

Sungai Pabrik Bagansiapiapi Perlu Dinormalisasi

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Sungai Pabrik menjadi saluran utama aliran kota Bagansiapiapi mulai dari Kelurahan Bagan Punak, Bagan Hulu dan Bagan Punak Pesisir perlu dinormalisasi untuk mengatasi banjir musiman. Untuk itu, sungai ini harus tetap terjaga dan terawat.

Pasalnya, dengan menjaga dan menormalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) itu, diyakini banjir di Kecamatan Bangko dapat teratasi. "Sungai Pabrik memang perlu dilakukan normalisasi. Sehingga, sungai ini bisa terus bersih dan tak menghambat aliran air," sebut Camat Bangko, H Muhammad Nurhidayat, Rabu (6/11/2013). 
 
Dijelaskannya, karena pentingnya sungai Pabrik tersebut yang menjadi saluran utama, warga tetap dilarang membuang sampah di tempat itu. "Apalagi sungai ini menjadi tumpuan bagi lima titik aliran air di Bagansiapiapi, seperti, air dari dataran tinggi di pusat kota Bagansiapiapi yang melintasi parit-parit besar mulai dari Jalan Pahlawan dan Jalan Madrasah, Jalan Seiya melalui kanal Kelurahan Bagan Punak hingga Bagan Hulu," paparnya. 
 
Dengan begitu, lanjutnya, sungai Pabrik menjadi tempat berkumpulnya air di Bagansiapiapi. "Jika sungai ini disesaki sampah, maka bencana banjir tak terelakkan. Untuk ittulah kita berharap perlu dilakukan normalisasi, bisa jadi melalui cara gotong royong atau dikerjakan dinas terkait," harap Nurhidayat.
(jib)