Fokus Rohil

Warga Pujud Berbenah Pasca Banjir

PUJUD - Banjir yang dialami warga Kecamatan Pujud sejak beberapa hari belakangan kini kondisinya mulai surut. Luapan air yang kini hanya menggenangi halaman rumah dan kebun kelapa sawit mereka, dimanfaatkan untuk membenahi isi rumah. 

"Rutinitas setiap tahun ya seperti ini. Usai banjir kita berbenah, biasanya kalau genangan hanya di halaman dan kebun, jarang-jarang air kembali meluap hingga ke rumah. Inilah banjir musiman sungai Rokan," kata salah seorang warga Pujud, Kamar, Rabu (6/11/2013) lalu ketika disambangi ke rumahnya.
 
Diakuinya, sebelumnya beberapa daerah di Kecamatan Pujud sempat terendam banjir akibat meluapnya air sungai Rokan. "Kalau sudah banjir, kami juga sulit memanen sawit, ujung-ujungnya tanda buah sawit banyak yang busuk di pohon. Memang banjir tahun ini tidak separah tahun lalu, namun kami tetap waspada," katanya. 
 
Camat Pujud, Hasyim, tetap meminta kepada warga agar selalu siaga saat musim penghujan seperti sekarang ini. Apalagi, curah hujan diyakini masih tinggi. "Warga tetap diminta waspada. Kalau dapat jangan dulu memaksakan diri ke kebun meski banjir mulai surut," imbaunya. (rep1)