Penutupan Jembatan Siak III

Kendaraan Dialihkan ke Jembatan Siak I

PEKANBARU - Penutupan jembatan Siak III selama 5 bulan, mulai 15 November mendatang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memaksa kendaraan harus melintas ke jembatan Siak I dalam melakukan penyeberangan. Untuk memperlancar arus lalulintas, Jembatan Siak I bakal dibuat dua arah berlawanan. 

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskoinfo) Pekanbaru, Dedi Gusriadi, Rabu (6/11/2013). Ia mengatakan, penutupan jembatan Siak III berdasarkan keputusan rapat koordinasi bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau yang melibatkan Pemko Pekanbaru belum lama ini dan dihadiri pihak PJR Ditlantas Polda Riau, Kabid Rekayasa Satlantas Polresta Pekanbaru dan pihak PT Waskita Karya.
 
"Jadi mulai 15 November 2013 sampai 14 April 2014, penyebrangan lalulintas terpaksa dialihkan ke Jembatan Siak I dengan membuka dua arah berlawanan. Untuk memperlebar jembatan Siak I menjadi dua arah berlawanan, semua rambu-rambu yang berada di sepanjang jembatan Siak I dibuka, termasuk median Jalan Yos Sudarso," sebut Dedi.
 
Lanjutnya, kesepakatan ini menggunkan sistem rekayasa lalulintas dengan tingkat kerawanan yang kecil. Selain itu, arus lalulintas di Jalan Panglima Undan juga bakal menjadi dua arah. "Termasuk arus lalulintas dari Jalan Kesehatan melintasi Jalan DI Pandjaitan dialihkan ke kiri dengan membuat median U-turn di depan Hotel Mutiara," terangnya. 
 
Untuk mengatur arus lalulintas supaya tida terjadi kemacetan, Dedi mengatakan, pihak polisi lalulantas tetap sedia di lokasi. "Bukan hanya petugas kepolisian saja, termasuk Dishub Pekanbaru dan Riau telah menyediakan rambu-rambu lalulintas," ujarnya. (rep1)