Ingin Jadi Tuan Rumah PON 2020

Bali Belajar ke Riau

Rombongan KONI dan Pemprov Bali kembali mengunjungi KONI Riau untuk mendapatkan dukungan menjadi tuan rumah PON XX 2020, sekaligus belajar menjadi tua

 

PEKANBARU - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali harus belajar ke Riau demi mendapat dukungan jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang. Selasa, (29/10/2013), rombongan KONI Bali mengunjungi kembali Riau sekaligus belajar mempersiapkan diri. 
 
Diincarnya Riau, untuk kesekian kalinya ini mengharapkan dukungan oleh Bali karena PON XVIII Riau 2012 lalu sukses digelar. Bahkan, mereka Bumi Lancang Kuning dinilai sukses dalam penyelenggaraan maupun prestasi. 
 
"Mulai dari persiapan hingga pelaksanaan dan prestasi, Riau sukses di PON XVIII 2012 lalu. Makanya kami (KONI dan Pemprov Bali) datang lagi ke darah ini untuk belajar," ujar Kabid Binpres KONI Bali, I Nyoman Yamadhiputra di hadapan pengurus KONI Riau yang menyambut kedatangan mereka.
 
Rombongan yang hadir bersama KONI Bali itu diantaranya, Karo Kesra Pemprov Bali, Bewa Putu Beratha, perwakilan Bappeda Bali, I Gusti Bayu Lexesasa, Kabid Rencana Anggaran Pemprov Bali, N Sudiartha, dan Staff Pemprov Bali, I Gusti Ketut Arya Diktawan. "Kami juga mengharapkan dukungan Riau menjadi tuan rumah PON 2020," timpal I Nyoman.
 
PON XX 2020 mendatang memang tengah direbutkan beberapa provinsi seperti, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Sulawesi Selatan dan Papua. Apalagi, semua daerah ini memiliki peluang yang besar termasuk Bali. "Harus kami akui, kami kesini (Riau) bukan kali ini saja. Semua itu kamim lakukan tak lain demi mencuri ilmu dari Riau sekaligus mohon dukungan," sambung I Nyoman Yamadhiputra.
 
Sementara itu, Karo Kesra Pemprov Bali Bewa Putu Beratha mengatakan, Pemerintah Daerah sangat mendukung Bali menjadi tuan rumah. Karena melihat kondisi yang ada, Bali dinilai layak dan mampu menyelenggarakannya. "Untuk itu, Riau yang sudah sangat berpengalaman bisa menjadi panutan dari berbagai aspek," katanya.
 
Selain itu, melalui PON, kata Bewa, objek wisata Bali yang selama ini sudah tidak diragukan lagi keberadaannya bisa semakin ditingkatkan potensinya. "Kami sekaligus mengambil tujuan untuk promosi daerah seperti yang dilakukan Riau pada PON lalu," sambungnya. 
 
Wakil Ketua I KONI Riau, Hasan Nusi JS yang menyambut kedatangan rombongan dari Bali mengatakan, Riau tentunya siap memberikan mendukung buat Bali. "Siapapun memiliki peluang menjadi tuan rumah PON XX 2020, termasuk Bali. Namun, kedatangan rombongan Bali tentunya menjadi kehormatan bagi kami karena dianggap sukses menyenggarakan PON XVIII Riau 2012. Dengan begitu, sesama pencinta olahraga, tentunya kami siap memberikan dukungan buat Bali," tegas Hasan Nusi.
 
Bahkan, lanjut Hasan Nusi, Riau juga siap meyakinkan Pemerintah Pusat agar PON 2020 dipercayakan kepada KONI Bali. "Karena, tujuan utama PON kan selain ajang prestasi juga sebagai promosi daerah," timpalnya. (rep1)