PON Jabar

Peraih Medali Popnas Miliki Kans

Para atlet PPLP dan PPLM berpeluang memperkuat Riau pada PON Jabar mendatang karena memiliki usia yang masih muda dibanding atlet mantan atlet PON Ria

 

PEKANBARU - Peraih medali Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) memiliki kans (peluang) memperkuat Riau pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat mendatang. Sebab, sistem penggemblengan atlet pelajar besutan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau melalui Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) dipastikan menjadi harapan Riau.   
 
Hal ini dibenarkan Kabid Pembibitan dan Pembinaan Olahraga Daerah (PPOD) Dispora Riau, Sanusi Anwar, Minggu (27/10/2013). Dirinya mengatakan, seluruh atlet yang memperkuat Riau pada Popnas XII lalu di Jakarta bahkan sudah tidak diragukan lagi.
 
"Apalagi jika bicara menyangkut usia. Tentunya atlet PPLP memiliki kans besar menuju kesana (PON Jabar). Karena banyak atlet yang ikut PON Riau 2012 lalu terbentur faktor usia di PON Jabar nantinya," sebut Sanusi.
 
Selain atlet PPLP, Sanusi meyakini seluruh atlet binaan Dispora termasuk Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) juga memiliki peluang yang sama. "Seniornya PPLP kan PPLM. Ya pasti memiliki peluang juga untuk di PON Jabar 2016 mendatang," timpalnya.
 
Jadi, lanjutnya, atlet berprestasi pada Popnas terus mendapatkan perhatian terutama menyangkut porsi latihan. "Yang ada sekarang ini bagaimana meningkatkan kualitas atlet PPLP peraih medali Popnas. Nah, bagi yang belum berhasil, masih bisa memanfaatkan waktu yang tersisa," harapnya.
 
Ditegaskannya, setiap PON, rata-rata kontingen manapun menggunakan jasa atlet besutan PPLP, termasuk Riau. "Untuk itu, kita berharap agar Pengurus Provinsi (Pengprov) cabang olahraga lebih aktif dalam memantau perkembangan atlet yang ada di PPLP," sebutnya. 
 
Popnas XII Jakarta, September lalu, Riau mengumpulkan 10 medali emas, 12 perak dan 18 perunggu dan menempatkan diri pada urutan 6 besar di Indonesia. (rep1)