Fokus Rohil

100 Guru PAUD Ikuti Uji Kompentensi

 

BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 100 orang guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Rokan Hilir mengikuti uji kompentensi meningkatkan kemampuan membimbing anak. Uji kompentensi ini ditaja Dinas pendidikan (Disdik), pekan lalu. 
 
Sebagai penguji, Disdik Rohil mendatangkan pihak independen dari perguruan tinggi. "Ini guna melihat kemampun guru PAUD dalam membimbing anak usia dini. Sehingga, menimbulkan persamaan persepsi tentang memajukan kecerdasan anak-anak di Rohil. Artinya, anak tidak salah arah ke depannya nanti melalui bimbingan guru PAUD," Sekretaris Disdik, H Azwar.
 
Sebab, terangnya, pondasi mencerdaskan anak dimulai dari PAUD untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. "Menurut ahli pendidikan Barat, anak ibarat kertas putih, orang tualah yang menentukan warna apakah anak itu diputihkan atau dihitamkan," sambungnya mengutip falsafah Jhon Luk. 
 
Dikatakan Azwar, dari waktu selama 4 hari terhadap uji kompetensi tersebut, guru PAUD baik yang lulus maupun tidak diharap terus mengasah kemampuannya. "Ini demi menyentuh pribadi anak-anak kelak sekaligus memotivasi guru PAUD itu sendiri. Karena, mendidik anak usia dini lebih sulit ketimbang anak usia sekolah dasar," sambungnya. 
 
Ditambahkan Azwar, para peserta yang lulus uji kompetesi mendapatkan sertifikat plus nilai yang terlampir. "Ke depan, Disdik tetap memprogramkan uji kompetensi demi memajukan dunia pendidikan dan guru PAUD itu sendiri di Rohil. Sehingga, apa yang kita harapkan dapat terwujud," sebutnya. (rep1)