Fokus Rohil

Disbun Siapkan 80.200 Bibit Sawit untuk Petani Miskin

 

BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 80.200 bibit kelapa sawit akan dibagikan kepada petani oleh Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Rokan Hilir dalam waktu dekat. Puluhan ribu bibit tersebut telah dianggarkan pada APBD Rohil tahun ini.
 
Demikian dikatakan Kepala Disbun, Syahrial S Sos, Senin (28/10/2013). Menurutnya bibit sebanyak itu dirawat terlebih dahulu oleh puhaknya sebelum disalurkan kepada petani. "Lokasi perawatannya di Kepenghuluan Bentaian, Kecamatan Batu Hampar," jelasnya. 
 
Kini, katanya, bibit tersebut masuk dalam perawatan dan berumur 5 bulan. "Usianya baru 5 bulan sejak kita lakukan pemindahan dari kecambah ke pembibitan. Kalau usianya sudah mendekati 1 tahun, baru kita salurkan. Paling tidak akhir tahun ini sudah bisa disalurkan," jelasnya.
 
Lebih jauh, janjinya, bibit ini diperuntukkan kepada petani miskin di Rohil. "Bagi yang merasa miskin, boleh mengajukan permohonan bantuan dengan melampirkan persyaratan dan lahan yang dimiliki dan tergabung dalam kelompok tani," janjinya. 
 
Secara, katanya, tiap petani miskin bakal mendapatkan jatah sebanyak 300 bibit sawit siap tanam. "Petani tak perlu membeli. Karena ini digratiskan buat yang memenuhi kriteri (miskin). Program ini atas arahan Bupati Annas Maamun dengan tujuan petani miskin bisa lebih menghidupi keluarganya melalui bantuan tersebut," tegasnya. (rep1)