Fokus Rohil

BUMD SPR akan Dirikan SPBU Mini di Parit Aman

 

BAGANSIAPIAPI - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sarana Pembangunan Rohil (SPR) mempersiapkan rencana usulan untuk pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko. Jika direalisasikan, program ini mulai dijalankan tahun 2014 mendatang.
 
"Usulanya akan dimasukan dalam APBD 2014 mendatang. Pembangunan SPBU mini akan masuk ke beberapa desa. Namun tahap awal kita wacanakan di Kepenghuluan Parit Aman," ujar Direktur Operasional SPR Rohil, Syahrin Yunan, Senin (28/10/2013).
 
Menurutnya, pembangunan SPBU itu bakal menelan dana Rp5 miliar. Sebelum sampai ketahap rencana pembangunan, pihak BUMD akan melakukan kajian secara teknis. Karena, pembangunan SPBU mini
memiliki prospek terutama dalam peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). 
 
"Tim sendiri sejauh ini masih melakukan pemantauan untuk mencari areal lahan yang cocok dan strategis di Kepenghuluan Parit Aman. SPBU kan tidak mungkin dibangun jauh dari jalan besar (protokol), jadi lokasinya harus di pinggir jalan, dan kita sedang jajaki itu," katanya. 
 
Lanjutnya, SPBU mini ini bakal memenuhi pelayanan masyarakat umum, termasuk nelayan di sekitar daerah pesisir. "Mengingat SPBU yang ada saat ini kan cuma satu di Batu Empat, tidak mampu menampung banyaknya pelanggan umum," timpalnya.
 
"Sudah disiapkan rancangannya, untuk SPBU mini akan dibuat 2 pompa pengisian solar, dan 1 pompa pengisian bensin. Asumsi kita layanan pengisian solar lebih banyak, sebab nelayan kan menggunakan solar untuk kepentingan bahan bakar kapalnya. Kalau bensin, tentunya untuk kenderaan umum sepeda motor dan mobil," terangnya.
 
Syahrin menambahkan, dalam waktu dekat tim akan berangkat ke Pekanbaru untuk berkonsultasi dengan pihak pertamina tentang rencana pembangunan SPBU mini tersebut. "Jadi ada kajian teknisnya," timpalnya. (rep1)