Rohil Lumbung Padi Riau

Annas Ajak Petani Tingkatkan Produksi

 

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir, H Annas Maamun mengajak petani padi untuk terus meningkatkan produksi panennya. Karena, selama ini Rohil telah dikenal sebagai lumbung di Riau harus mampu mempertahankan predikat itu demi nama baik daerah.
 
Apalagi, Rohil telah memiliki daerah sentra padi seperti di Kecamatan Rimba Melintang meskipun, daerah lainnya di Rohil tengah menyusul untuk menyamai kecamatan itu. Untuk itu, Annas meminta petani terus menciptakan semangat kebersamaan dan kekompakan agar Rohil tetap menjadi lumbung padi di Riau. 
 
Karena, tambah Annas Maamun, dengan mempertahankan daerah sentra produksi tersebut maka keberdaan sektor pertanian dan tanaman pangan bertahan. "Saya harap semua petani, termasuk yang ada di daerah sentra pertanian seperti Rimba Melintang dapat terus menjaga kekompakan untuk mempertahankan produksinya. Karena, sektor pertanian itu termasuk salah satu produk unggulan bagi Rohil yang telah dinyatakan sebagai lumbung padi di Riau," ajak Annas Maamun, belum lama ini.
 
Jika petani padi memiliki rasa kekompakan, sambungnya, maka ancaman alih fungsi lahan diyakini dapat dihindarkan. "Kalau sudah kompak dan memiliki semangat kebersamaan, pasti tak ada yang namanya alih fungsi lahan. Tetapi, kalau malah sebaliknya, jelas semua akan sulit diwujudkan," sambungnya. 
 
Selain itu, tambah Annas Maamun, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) diminta dapat memberikan solusi terbaik terhadap kendala dan hambatan yang ditemukan. "Bagaimana petani mau bersemangat kalau tak didampingi Distanak. Makanya Distanak harus memberikan solusi bagi petani dan membujuknya agar tidak melakukan alih fungsi lahan. Ini sebenarnya yang diperlukan," sindir Bupati. (rep1)