Nasional

PLTG Langgam Power Bantu Atasi Krisis Listrik Riau

PELALAWAN-Beberapa tahun terakhir ini di beberapa wilayah yang ada di daerah ini selalu alami krisis listrik, bahkan di beberapa wilayah pedesaan sama sekali belum tersentuh aliran listrik. Atas ide dan gagasan Bupati Harris, dengan potensi yang dimiliki oleh daerah ini, akhirnya saat ini Kabupaten Pelalawan telah memiliki pembangkit listrik, yaitu PLTG Langgam Power.

"Kita cukup mempunyai sumber daya di daerah yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat didaerah ini untuk mengatasi krisis listrik," ungkap Bupati Pelalawan HM Haris akhir pekan lalu.
 
Lebih jauh Bupati Harris mengatakan, seiring program Pelalawan Terang yang tengah dilakukan oleh Pemda Pelalawan, berharap persoalan listrik bisa diatasi. "Kita punya program Pelalawan Terang, tentunya harus didukung juga dengan sarana maupun prasarananya. Oleh karena itu beberapa waktu lalu kita berinovasi membangun pembangkit listrik bertenaga gas," katanya.
 
Sambung Bupati Harris, setelah melalui proses yang begitu panjang akhirnya bisa berdiri PLTG Langgam Power. "Kita punya sumber daya yang mendukungnya, kenapa tidak kita lakukan sedangkan sumber energi diatas cukup namun listrik selalu padam. Untuk itu Kita manfaatkan potensi daerah untuk kepentingan masyarakat didaerah," ujar Bupati.
 
Bupati Harris menambahkan, sebagai Bupati dirinya harus selalu mendukung program Pemerintah Pusat, salah satunya masalah penerangan. "Kita harus membantu program pusat dan kebetulan kita mempunyai  potensi di daerah kita, meskipun banyaknya persiapan dan proses administrasi yang harus kita lakukan untuk itu, selain itu tidak sedikit dana yang harus dikeluarkan," bebernya.
 
Tambah Bupati Harris lagi, sebelum adanya PLTG Langgam Power hanya 21 persen listrik yang mengalir ke masyarakat di Kabupaten Pelalawan. "Untuk itu Pemda Pelalawan membuat terobosan seperti saat ini. Dan saat ini sudah 38,4 persen masyarakat yang sudah mencicipi listrik," pungkasnya. (rep1)