Fokus Rohil

Danau Napangga dan Bono Rokan

Danau Napangga

Danau Napangga mempunyai luas areal 500 hektar persegi. Danau ini memiliki pesona alam yang sangat indah, airnya yang tenang membuat kita geram untuk menceburkan diri. Ada lagi wisata air di Rokan Hilir selain Danau Napangga dan Pulau Tilan, yaitu Bono Sungai Rokan yang sangat cocok untuk peminat olahraga selancar air.

Kita kupas mengenai Danau Napangga dahulu. Lokasi Danau Napangga terletak 70 kilometer dari Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih. Tepatnya, di hulu sungai Batang Kumuh, desa Tanjung Medan berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu (Riau) dan Provinsi Sumatera Utara. 
 
Danau Napangga memiliki keunikan tersendiri, karena menurut legenda, Danau ini merupakan tempat persinggahan Raja pada zaman dahulu. Uniknya lagi, danau ini menjadi habitat berkembangbiaknya ikan arwana Rokan. Jika ingin menuju lokasi, tidak perlu takut, hampir semua jalan sudah diaspal. Sehingga, sangat memudahkan kita untuk datang ke Danau Napangga. 
 
Bila dilihat dari potensi yang ada, Danau Napangga ini sangat cocok dikembangkan menjadi kawasan wisata air, dengan dibangunnya kotek-kotek atau gazebo di bibir danau, bermacam wisata air akan dapat dikembangkan di Danau Napangga ini, seperti mendayung, parasailing, sky air, memancing dan menyelam.
 
Sedangka, Bono sungai Rokan merupakan gelombang yang sangat besar, dengan menyatunya gelombang laut dan sungai. Kemudian, gelombang tersebut menghempaskan ke muara sungai Rokan serta melintas menyisir bibir sungai Rokan. 
 
Bila kita lihat, Bono mempunyai potensi yang sangat besar, dengan dijadikan bono sebagai wisata adventure air bagi penggemar selancar. Maka permainan dengan Bono merupakan spesialisasi wisata, bagi setiap orang yang menyukai tantangan pasti memilih berwisata dengan Bono. Karena, Bono merupakan jenis wisata minat khusus yang jarang ditemukan di sungai belahan dunia. (rep1)