Pusat Bantu 17 Unit

Pemkab Janjikan 34 Hand Traktor untuk Petani Rimba Melintang

RIMBA MELINTANG - Petani padi di Kecamatan Rimba Melintang terima bantuan 17 hand traktor dari Pemerintah Pusat. Sedangkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir berjanji akan menambah bantuan yang sama sebanyak 34 unit dalam waktu dekat. 

Bantuan ini diserahkan Bupati H Annas Maamun, Kamis (17/10/2013).  di areal persawahan di daerah itu.
 
Hand traktor itu diserahkan kepada petani guna memperlancar pengolahan sawah agar proses tanam padi dapat lebih muda. "Dengan bantuan ini, kita harap petani lebih muda mengelola lahannya. INi untuk mendukung Rohil tetap menjadi lumbung padi di Riau," harap Annas.
 
Annas berharap dengan bantuan hand traktor tersebut, petani dapat meningkatkan produksi padinya dan tidak melakukan alih fungsi lahan.  
 
"Kalau pusat beri bantuan 17 unit, Pemkab Rohil akan menambah 34 unit lagi. Ini dilakukan agar tidak lagi terjadi alih fungsi lahan dari tanaman padi ke sawit. Sebab, mempertahan Rohil sebagai lumbung padi di Riau memang sulit. Karena petani banyak yang terbujuk dengan mengalihkan lahan padinya menjadi tanaman sawit," ujar Annas.
 
Dengan tambahan 34 unit hand traktor, sebut Bupati, setidaknya setiap kelompok tani memiliki 2 unit hand traktor. "Kalau semua kelompok tani memiliki hand traktor, saya yakin petani semakin giat menghasilkan produksinya. Jadi, nanti satu kelompok tani meiliki dua unit alat ini," paparnya.  (rep1)