Sosialita

Aih, 10 Persen Pria Korea Pakai Kosmetik

Seoul-Banyak aktor Korea Selatan terlihat tampan karena memiliki kulit muka yang mulus, sehat, dan garis wajah yang tegas. Rupanya di sana tidak asing lagi bagi pria untuk berdandan. Tidak hanya perempuan yang rajin memakai kosmetik, para pria Korea pun wajib menggunakan kosmetik.

Sebuah survei yang dilakukan Food and Drug Administration Korea menyebutkan, 10 persen pria korea menggunakan kosmetik. Data ini didapat dari jajak pendapat yang dilakukan terhadap 498 pria di atas 15 tahun. Sebanyak 9,2 persen pria yang mengikuti jajak pendapat itu mengaku menggunakan eyeliner dan make up lainnya demi mempertegas garis wajah mereka.

Produk kosmetik yang paling banyak digunakan adalah krim kecantikan berwarna yang membuat kulit mereka terlihat lebih baik. Hampir seluruh peserta jajak pendapat, 97,8 persen mengaku menggunakan krim ini. Selain krim kecantikan, sebagian dari mereka juga ada yang menggunakan bedak bubuk untuk wajah. Sebanyak 35,6 persen pria yang ikut jajak pendapat ini mengaku menggunakan bedak bubuk.

Sebanyak 33,3 persen menggunakan makeup primer, 31,1 persen mengaku menggunakan foundation yang juga digunakan wanita. Bahkan di antara 20-26,7 persen pria peserta jajak pendapat mengaku, menggunakan eyeliner dan maskara kadang-kadang. Survei itu juga menyebutkan, 70 persen dari peserta menggunakan merk kosmetik perempuan, dan sudah mereka lakukan sekitar 10 tahun, sejak mereka remaja. (rep02)