Fokus Rohil

Kampung Wisata Rantau Bais

 

Kampung wisata Rantau Bais yang termasuk dalam wilayah Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir ini memiliki rumah-rumah tua  berarsitektur melayu tradisional. Penghuni kampung aslinya sekitar 400 Kepala Keluarga (KK). 
 
Kampung Rantau Bais memiliki pepohonan yang rindang, daerahnya yang hijau tanpa disentuh berbagai macam bentuk polusi udara. Ditambah, aktivitas warga dan pepohonan kelapa, membuat kita nyaman tinggal di kampung Rantau Bais.
 
Kampung yang berhadapan dengan obyek wisata Pulau Tilan ini, dibatasi oleh Sungai Rokan. Kampung Rantau Bais mempunyai adat istiadat yang alami tanpa disentuh oleh budaya asing yang membuat kita untuk sejenak melamun seakan-akan berada pada zaman dahulu kala. 
 
Dengan memiliki air sungai Rokan yang tenang, membuat berbagai bentuk kegiatan masyarakat Kampung Rantau Bais di Sungai Rokan sepeti tidak ada putusnya, ada yang mandi, menjala ikan, menjaring ikan, berenang,  memcuci dan lain-lainnya. 
 
Yang menjadi nilai tambah bagi kampung Rantau Bais, ketika sore datang, kita  dapat menikmati pemandangan alam ditepi sungai Rokan dengan berbagai macam ternak di seberang. 
 
Yang pasti, berbagai macam permasalahan yang dihadapi, sejenak sepertinya terlupakan. Bila dilihat dari potensi yang ada, Kampung Rantau Bais sangat cocok bagi kita menjadi tujuan wisata. Maka, bila orang mau melihat adat istiadat dan budaya masyarakat Kabupaten Rokan Hilir. Cukuplah datang ke kampung wisata Rantau Bais. Silahkan!. (rep1)