Politik

Syarwan Hamid akan Gandeng LAM Sosialisasikan GRB

 

PEKANBARU - Sebuah organisasi baru hadir lagi di Riau. Namanya, Gerakan Riau Bersatu atau disingkat GRB yang salah satu pendirinya tokoh masyarakat Riau Syarwan Hamid. Mantan Mendagri era Presiden Gus Dur ini mengaku akan mengajak Lembaga Adat Melayu Riau mensosialisasikan organisasi ini.
 
Menurut Syarwan saat sosialisasi kepada wartawan akhir pekan kemarin, mengatakan, GRB ini didirikan atas keprihatinan masyarakat Riau yang kurang mendapat perhatian dan keadilan dari pemerintah pusat mengenai Dana Bagi Hasil (DBH) sumber daya alam. "Jika saat ini DBH yang didapat Riau hanya 15 persen, selanjutnya kita akan berjuang agar Riau bisa mendapatkan DBH minimal 40 persen," katanya.
 
GRB ini, kata Syarwan, merupakan gerakan yang diharapkan bisa menjadi wadah untuk menyatukan seluruh unsur dan elemen masyarakat yang ada di Provinsi Riau tanpa memandang ras, suku, agama ataupun pandangan politik. "Tujuan yang ini dicapai GRB adalah untuk memajukan Provinsi Riau dan memperjuangkan kepentingan masyarakat Riau," tegasnya. 
 
Dikatakanya lagi, GRB ini didirikan untuk melanjutkan perjuangan yang telah ada sebelumnya seperti Forum Nasional Perjuangan Untuk Otonomi Khusus Riau (Fornas Otsus Riau) yang diketuai Hj Maimanah Umar dan Syarwan Hamid sebagai Dewan Pembina GRB. "GRB ini dideklarasikan pada tanggal 19 September 2013 lalu oleh beberapa tokoh masyarakat Riau salah satunya saya, Syarwan Hamid yang menjadi Dewan Penasehat DPP GRB. Ada juga Harry Martin selaku salah seorang Pendiri GRB dan tokoh-tokoh Riau lainnya," jelas Syarwan.
 
Selain Syarwan Hamid dan Harry Martin, hadir juga saat sosialisasai itu, Weny Friaty, SH dari Komunitas Perindo Riau yang juga Caleg Dapil 1 DPRD Kota Pekanbaru dari Partai Hanura, AyangCaleg Dapil 1 DPRD Propinsi Riau dari Partai Hanura, Elmansyah Ketua Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR) sekaligus Caleg DPR RI dari partai Hanura,  Joni Satria selaku Dewan Pendiri Masyarakat Nurani Riau, Bakhtiansyah Sekjen Masyarakat Nurani Provinsi Riau, Donni Dofiandi, Caleg DPRD Kabupaten Siak dari Partai PPP, Siukun Kurniawan selaku Ketua DPC Gema Sodhana Pekanbaru (Gerindra). (rep1)