Gelar Open House Idul Adha

Bupati Rohil Ajak Warga Kenang Nabi Ibrahim

Bupati Annas Maamun, Ketua DPRD Nasruddin Hasan dan Kemenag H Agustiar S Ag melepas pawai takbir Idul Adha. (rep1)

 

BAGANSIAPIAPI - Perayaan Idul Adha atau hari raya Kurban, merupakan moment untuk mengingatkan setiap manusia untuk mengenang sifat dan prilaku Nabi Ibrahim yang begitu sabar dan kuat imannya  kepada Allah SWT. Sehingga, dengan mengenang prilaku Nabi Ibrahim, semoga berkah hari raya Kurban akan datang kepada setiap ummat.
 
Hal itu diingatkan Bupati Rohil, H Annas Maamun disela menggelar open house usai sholat Ied di Lapangan Perteba, Bagansiapiapi, Jalan Perwira, Selasa (15/10/2013).
 
"Hari raya Kurban ini dimana kita diajak mengingatkan sifat dan prilaku Nabi Ibrahim yang begitu tulus dan sabar atas ujian yang diterimanya. Apalagi, dimasa itu, ia merelakan anaknya, Ismail untuk disembelih (dikurbankan). Namun, Allah mengantikan Ismail dengan hewan Kurban," ulas Annas dihadapan ratusan tamu yang hadir di kediamannya. 
 
Untuk itu, lanjut Annas, bagi para PNS, apalagi pejabat teras Pemkab Rohil, Bupati meminta agar tidak meninggalkan berkah berkurban. "Bagi yang merasa memiliki rezeki, marilah kita berkurban. Apalagi para kadis dan jajarannya, masa tak mampu berkurban. Tetapi, kalau tidak bisa tahun ini, tahun depan niatkan untuk berkurban," ajaknya sembari mengingatkan. 
 
Sebelum menggelar open house, Bupati Annas Maamun bersama istri, Hj Latifah Hanum Annas dan rombongan unsur muspida datang sekitar pukul 06.30 WIB di Lapangan Parteba Bagansiapiapi untuk melaksanakan sholat Ied. Tampak juga Wakil Bupati H Suyatno, Sekdakab H Wan Amir Firdaus dan para pejabat teras Pemkab Rohil bersama ratusan masyarakat lainnya.
 
Seperti biasa, masyarakat baik yang tinggal di Kota Bagansiapiapi, mapun pelosok daerah, beramai-ramai menunaikan sholat Ied bersama Bupati. Usai sholat, Bupati bersama unsur muspida saling berjabat tangan untuj bermaaf-maafan.
 
Selanjutnya, jamuan makan saat open house di kediaman Bupati dirasa sangat berarti bagi warga. "Kegiatan seperti ini (open house) biasa dilakukan bapak Bupati. Hampir seluruh masyarakat datang untuk melakukan sirahturahmi," sebut Sugeng, salah satu Warga Bagansiapiapi yang hadir saat itu di kediaman Bupati. 
 
Selanjutnya, Bupati dan rombongan meninjau tempat-tempat pemotongan hewan Kurban di Bagansiapiapi. Sedangkan, sebelumnya Pemkab menggelar malam takbiran dengan melibatkan masyarakat dengan lomba miniatur masjid dan mushala serta objek pembangunan pembangunan. Acara ini juga diikuti oleh para dinas, badan, dan kantor serta masyarakat, Senin(14/10/2013) malam. 
 
Pada kesempatan itu Bupati Rohil H Annas Maamun secara langsung melepas peserta pawai takbir bersama Wakil Bupati H Suyatno, dan  Kepala Kemenag, H Agustiar.
 
Sebanyak 41 miniatur mesjid dan mushala berhiasakan warna-warni terlihat menikuti irama pawai bedug. Iringan pawai yang menghiasai malam takbir saat itu, terlihat melintasi kantor Bupati Rohil menuju Jalan Mardeka, Pahlawan, Bangko, dan Perwira, kemudian kembali lagi ke Kantor Bupati. (rep1)