Jelang MotoGP Australia

Peluang Marquez Juara Dunia

Sepang - Marc Marquez bisa mengunci gelar juara dunia 2013 di motoGP Australia, akhir pekan ini. Tapi karena masih ada tiga balapan tersisa, rookie 20 tahun itu memilih bersikap tenang dan tak mau sesumbar.

 
Keberjahasilan finis di posisi dua pada MotoGP Malaysia membuat Marquez makin dekat dengan gelar juara dunia MotoGP 2013. Di puncak klasemen dengan poin 298, Marquez unggul 43 poin dari Jorge Lorenzo yang berada di posisi kedua.
 
Dengan hanya ada tiga seri tersisa di musim ini, itu artinya Marquez akan bisa mengunci gelar juara dunianya di Phillip Island, Minggu (20/10/2013) mendatang. Syaratnya: Marquez jadi pemenang dan Lorenzo finis di luar dua besar.
 
"Masih ada tiga balapan lagi. Saya harus mempertahankan mentalitas yang sama karena saat ini semuanya berjalan baik. Phillip Island adalah satu di antara balapan lain, dan dunia tak akan berakhir jika saya tidak menang di sana. Tapi itu jelas sangat penting untuk dapat poin di sana," sahut Marquez dikutip detiksport, Rabu (16/10/2013).
 
Jika berhasil menjadi juara dunia musim ini, Marquez akan menyamai catatan yang sebelumnya dibuat Kenny Roberts. Di tahun 1978, rider asal Australia itu menjadi juara dunia di tahun pertama dia terjun di ajang rajanya balap motor.
 
Tidak bisa dipungkiri Marc Marquez tampil luar biasa di ajang MotoGP 2013. Setelah menyelesaikan 15 dari total 18 seri musim ini, pembalap 20 tahun itu sudah mengoleksi 298 poin, unggul 43 poin dari Jorge Lorenzo yang berada di posisi runner-up dan 54 poin dari Dani Pedrosa di urutan tiga klasemen sementara.
 
Musim MotoGP 2013 merupakan tahun pertama bagi pembalap Spanyol itu. Sejauh ini, Marquez sudah mencatatkan enam kemenangan, dan berpeluang menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP. Jika itu terwujud, maka juara dunia Moto2 itu akan jadi rookie pertama yang menjadi juara dunia sejak Kenny Roberts melakukannya pada 1978, 35 tahun yang lalu.
 
Gelar juara dunia bisa ia raih di seri MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island pada 20 Oktober mendatang. Syaratnya, minimal dia finis kedelapan dan diikuti syarat-syarat lainnya yang melibatkan Lorenzo dan Pedrosa. (rep1)
 
- Marquez finis pertama, Lorenzo ketiga atau lebih rendah.
- Marquez finis kedua, Lorenzo kelima atau lebih rendah, dan Pedrosa tidak menang.
- Marquez finis ketiga, Lorenzo kedelapan atau lebih rendah, dan Pedrosa tidak menang.
- Marquez finis keempat, Lorenzo ke-11 atau lebih rendah, dan Pedrosa tidak menang atau finis kedua.
- Marquez finis kelima, Lorenzo ke-13 atau lebih rendah, dan Pedrosa tidak podium.
- Marquez finis keenam, Lorenzo ke-14 atau lebih rendah, dan Pedrosa tidak podium.
- Marquez finis ketujuh, Lorenzo ke-15 atau lebih rendah, dan Pedrosa tidak podium
- Marquez finis kedelapan, Lorenzo tidak mendapat poin, dan Pedrosa tidak finis empat besar.
 
Di Sirkuit Phillip Island tahun lalu, Marquez memastikan gelar juara di kelas Moto2.