Meriahkan Idul Adha

Pemkab Gelar Lomba Pawai Takbiran

 

BAGANSIAPIAPI - Menyambut lebaran Idul Adha, Senin (14/10/2013) malam ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) kembali menggelar lomba pawai takbiran. Sebelumnya, panitia telah menggelar rapat koordinasi untuk merumuskan berbagai persiapan Lebaran Haji tahun ini. 
 
Salah satu persiapan itu, yakni pemantapatan melaksanakan pawai takbir miniatur masjid, mushala dan bentuk pembangunan Rohil yang diwajibkan kepada peserta umum maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), maupun organisasi kemasyarakat dan kalangan pendidikan.
 
"Inti rapat koordinasi berkaitan dengan menyambut datangnya lebaran Idul Adha, kondisinya sama seperti tahun sebelumnya. Yakni melaksanakan pawai takbir non miniatur dan miniatur, Selasa besok. Selain itu, menyediakan sejumlah tempat untuk pelaksanaan shalat Idul Adha," kata Kepala Bagian Humas Pemkab Rohil, Syamsul Kidul, Senin (14/10/2013). 
 
Untuk pelaksanaan pawai takbir miniatur dan non miniatur lebaran Idul Adha itu, tambah Syamsul Kidul, sepenuhnya ditangani oleh pihak Kecamatan Bangko sebagai panitia pelaksanannya. "Intinya, pawai takbir itu nanti kondisinya sama seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Hanya saja, dalam rapat koordinasi kemarin itu, ada penekannya. Dimana, semua satuan kerja perangkat daerah harus ikut serta memeriahkan pawai takbir Idul Adha," jelasnya. 
 
Sedangkan menyangkut soal tempat-tempat untuk kegiatan shalat Idul Adha termasuk menghadirkan para khatib dan imam sepenuhnya, tambah Syamsul Kidul, dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rohil. "Dari sejumlah tempat yang telah disiapkan itu, salah satunya adalah di lapangan tenis Pertaba Bagansiapiapi. Para unsur Pemkab Rohil dan masyarakat serta kalangan DPRD Rohil direncanakan bakal melaksanakan shalat Idul Adha di lapangan tenis Perteba itu," urai Kabag Humas. (rep1)