Tahun Ini Dibangun

Pembebasan Lahan Asrama Haji Riau Rampung

Kepala Kanwil Kemenag Riau, H Tarmizi Tohor

 

PEKANBARU - Proses ganti rugi atau pembebasan lahan untuk asrama haji sudah tuntas dilaksanakan oleh Biro Perlengkapan Pemprov dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau. Sebab itu, Kemenag Riau  menargetkan bisa memulai pembangunan asrama haji tahun ini juga. 
 
Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil Kemenag Riau, H Tarmizi Tohor, menjawab wartawan di Kantor Gubernur Riau, pekan lalu. "Proses pembebasan lahan sudah tuntas dan proposal pembangunannya segera disampaikan ke Kemenag Pusat. Kita ingin pembangunannya dimulai tahun ini juga," katanya. 
 
Menurut Tarmizi, pihaknya juga sudah menyiapkan proposal lengkap rencana pembangunan asrama haji Riau yang akan disampaikan ke Menteri Agama. Pihaknya berharap, proposal tersebut bisa cepat direalisasikan dan rencana untuk memulai pembangunan asrama haji tidak ditunda lagi. "Semuanya sudah siap, kami tinggal mengantarkannya saja ke Menteri Agama. Target kita tahun ini pembangunan asrama haji bisa dimulai," harapnya.
 
Selain persiapan infrastruktur dari Kemenag, lanjut Tarmizi, Pemprov Riau juga diharapkan bisa berusaha untuk memperpanjang run way di Bandara Sultan Syarif Kasim II, sebagai syarat untuk penerbangan pesawat bagi calon jamaah haji asal Riau. 
 
Seperti pernah diberitakan, Pemprov Riau telah mempersiapkan lahan pembangunan asrama haji di Jalan Citra, Kecamatan Bukit Raya seluas 5,2 hektar. Lahan masyarakat itu sudah diganti rugi oleh Pemprov Riau. (rep1)