Diklaim Bertahan 75 Tahun

Pemkab Sayembarakan Nama Jembatan Pedamaran

Progres pengerjaan kantor Bupati Rohil terus digesa, dijadwalkan 2014 kantor yang diklaim termegah di Indonesia ini dapat difungsikan.

BAGANSIAPIAPI – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan menggelar sayembara untuk mencari nama jembatan Pedamaran I dan II agar segera diperdakan dan disahkan oleh DPRD. Jembatan yang tengah digesa pengerjaannya itupun diklaim bisa bertahan selama 75 tahun ke depan.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Rohil H Suyatno. "Kita memang akan menggelar sayembara kepada masyarakat menyangkut nama jembatan Pedamaran I dan II ini agar segera diperdakan. Karena, dengan memiliki nama jembatan yang tengah dikerjakan ini masyarakat umum bisa mengetahui makna dari arti sebuah nama jembatan itu sendiri," papar Suyatno.

Penggantian nama jembatan Pedamaran bergaya arsitektur Itali dengan melibatkan kontruksi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini secara rinci untuk jembatan Pedamaran I sepanjang 1.3 kilometer. Sedangkan jembatan Pedamaran II sepanjang 1.9 kilometer.

Pengerjaan jembatan pedamaran I dan II terus digesa, tahun 2014 kedua jembatan ini siap difungsikan dan dalam waktu


"Pentingnya nama jembatan ini disayembarakan agar tidak menghilangkan bukti sejarah ke depannya. Jadi jika nama jembatan diperdakan maka upaya pihak lain untuk menghilangkan sejarah pembangunan jembatan tersebut tidak akan terjadi," ujarnya.

Sebelumnya, peresmian jembatan tersebut dilaksanakan oleh menteri PU Djoko Kirmanto nama jembatan ini sudah ditemukan. "Kita harapkan sebelum diresmikan jembatan itu sudah memiliki nama dari pemenang sayembara. Karena, kita harapkan keseluruhannya, 2014 sudah bisa difungsikan oleh masyarakat untuk memperpendek jarak tempuh yang menghubungkan Bagansiapiapi ke sejumlah daerah seperti, Panipahan, Kubu, Bagan Sinembah, Pekaitan, Sinaboi hingga ke luar daerah provinsi tetangga Sumut, Labuhan Batu Selatan dan Tanjung Balai Asahan," jelasnya.


Kadis PU Rohil Nasri bersama Sekwa Syamsuri tampak berbincang diatas jembatan Pedamaran yang tengah dikerjakan.

Pemkab Rohil menggelar kegiatan diatas jembatan Pedamaran yang tengah dikerjakan beberapa waktu lalu.

Dibalik itu, Pemkab Rohil berharap jembatan ini bisa bertahan sesuai jaminan para kontruksi yang menyakatan bisa bertahan selama 75 tahun ke depan. "Untuk pengerjaan jembatan Pedamaran I tinggal finishing. Sedangkan jembatan Pedamaran II terus digesa pengerjaannya. Nantinya, saya yakin jembatan ini bakal ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar karena tepat di sebelah jembatan akan kita buat taman dan perluasan wilayah. Jadi jembatan ini bisa dijadikan ikon Rohil," harap Wabup. (rep01)