Fokus Rohil

1.731 Guru Terima Beasiswa Pemkab

ilustrasi

 

BAGANSIAPIAPI - Ribuan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) terima bantuan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil). Penyaluran bantuan ini dilakukan sejak tahun mulai tahun 2007-2013. Pada umumnya, mahasiswa itu berasal dari kalangan guru tamatan SMA, DII, DIII untuk dikuliahkan ke jenjang S1.
 
Namun, selain guru, mahasiswa umum lainnya juga mendapatkan hak yang sama sesuai prestasinya. "Kebijakan ini untuk mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Apalagi, bagi kalangan guru, tahun 2014 diwajibkan berlatar belakang S1. Makanya semua guru yang belum sarjana, dikuliahkan, termasuk mahasiswa berprestasi lainnya juga diberi beasiswa," ujar Kasi Evaluasi Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Rohil, H Kuswontoro, Senin (14/10/2013).
 
Menurutnya, kebijakan yang diambil Pemkab Rohil dengan anggaran APBD Rokan Hilir sesuai keinginan Pemerintah Pusat untuk dunia pendidikan. "Mereka dikuliahkan di berbagai PT seperti, UR, UGM, UI, ITB, IPB hingga Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Karena, Pemkab Rohil ingin SDM yang handal ke depannya," beber Kuswontoro.
 
Kuswontoro, mengakui terobosan ini patut mendapat acungan jempol. "Guru yang telah dikuliahkan dari PNS maupun non PNS yang sudah menyelesaikan S1 sebanyak 1.407 orang. Sedangkan yang masih belajar sebanyak 324 orang, dan tahun ini, termasuk guru PAUD ada sebanyak 285 orang," rincinya.
 
Lebih rinci, tahun 2007 silam, sebanyak 825 guru telah menamatkan S1. "Tahun 2008, sebanyak 292 guru juga telah selesai kuliah, kemudian tahun 2009 ada sebanyak 290 orang, dan tahun 2012, sebanyak 324 orang," urainya. 
 
Selain beasiswa bagi pengajar itu, lanjutnya, putra/putri terbaik Rohil juga dikuliahkan untuk jenjang S2. "Yang kuliah untuk jenjang S2, ada diberbagai PT negeri dan swasta. Bahkan ada yang di luar negeri, mereka jumlahnya ada puluhan orang dan bahkan rata-rata sudah dipkerjakan di Pemkab Rokan Hilir," sebutnya. (rep1)