Politik

Maskot dan Lagu Pemilu 2014 Diluncurkan

net

 

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi meluncurkan lagu dan maskot pemilihan Umum 2014, Kamis (10/10/2013).  Pendekatan simbolik lewat jingle dan maskot ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu mendatang.
 
Demikain disampaikan  Ketua KPU Husni Kamil Manik, kemarin. "Masyarakat kita bisa didekati dengan pemahaman simbolik sehingga dengan gambar yang menarik di maskot dan lagu yang tertuang dalam jingle ini memotivasi," kata Husni usai acara peluncuran di Kantor KPU, Jakarta.
 
Dalam peluncuran jingle dan maskot ini, KPU juga mengundang KPU Provinsi. Harapannya, KPU Provinsi juga bisa dimaksimalkan untuk melakukan sosialisasi ke daerahnya. "Karena sekarang kita hadirkan KPU provinsi supaya melakukan langkah efektif menyosialisasikan pemilu lewat jingle dan maskot," ujarnya.
 
Sementara itu, jingle dan maskot yang diluncurkan hari ini, merupakan hasil karya anak bangsa, yang dijaring melalui sayembara. Dalam sayembara ini, KPU menetapkan Maskot Pemilu 2014 berbentuk kotak suara berwarna putih dengan jari kelingking di tangan kirinya mengacung dan ada tinta berwarna ungu. Sedang tangan kanannya memegang kertas suara berwarna kuning. 
 
Maskot ini juga menggunakan jubah bendera merah putih. Sementara di ujung kirinya ada bulatan berwarna oranye dengan tulisan "Ayo Memilih". "Jadi masyarakat tidak sulit mencernanya (maskot ini). Dengan kotak suara ini, terhimpun kedaulatan rakyat, itu simbolnya," kata Husni.
 
Sedangkan untuk jinglenya, kata Husni diaransemen ulang oleh Purwacaraka dan dinyanyikan oleh penyanyi Judika. "Untuk jinglenya powerful, ada semangat yang membara di sana, bahwa pemilu 2014 bisa lebih baik dengan semangat patriotisme yang tinggi," tukasnya kepada okezone. (rep1)