Hukum

Calo Online Tawarkan Rp 60 Juta untuk Bisa Jadi CPNS

Tingginya animo warga untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dijadikan ladang usaha bagi beberapa pihak perantara. Salah satu website yang beralamat di jalurkhususcpns.org menawarkan jasa jalur khusus bagi warga yang ingin menjadi CPNS.

Penelusuran RoL, website ini mengaku memiliki hubungan langsung dengan 20 kementerian. Bahkan, website ini mengklaim, mereka adalah tim khusus dari pemerintah pusat.

RoL pun mencoba untuk menghubungi pengelola website ini lewat surat elektronik. Dari jawaban yang diterima RoL, pengelola mengungkapkan, biaya untuk diterima menjadi CPNS di Kementerian Agama senilai Rp 60 Juta. Pengelola tidak menjelaskan mengenai 19 kementerian lainnya karena RoL mengaku berminat untuk melamar CPNS di Kemenag.

Mereka lantas meminta RoL untuk membuat SKCK, Surat Kuning, lamaran tulisan tangan bermaterai Rp 6000 dan ditandatangani, surat kesehatan, foto 4x6 layar merah, ijazah terakhir, dan KTP terbaru.

Pengelola website kemudian menjelaskan, akan langsung melanjutkan ke atas atau kementerian terkait usai menerima berkas. Mereka juga akan mengirim surat elektronik yang diklaim berasal langsung dari kementerian yang dituju.

Sebelum menerima surat elektronik tersebut, RoL kemudian diminta untuk membayar biaya senilai Rp 5 Juta untuk proses awal. Menurut pengelola, biaya tersebut sudah termasuk dari total biaya Rp 60 juta yang harus dibayarkan.

"Setelah dibayar dan akan langsung mendapatkan Email Konfirmasi dari kementrian yang bersangkutan atau dinas yang diinginkan, karena email itu adalah satu bukti bahwa orang kami sudah mensahkan data itu."

Surat elektronik disebut sebagai memo bagi RoL untuk mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) di kementerian terkait. "Yang TKD tersebut merupakan formalitas,"jelasnya dilansir republika.co.id. Pengelola website memberikan garansi 120 persen jika tidak lulus. (rep2)