Sport

Riau tak Miliki Pegulat Kelas Berat dan Ringan

PEKANBARU - Ironis, ternyata Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Dispora Riau tak miliki pegulat kelas berat dan ringan. Padahal, persiapan cabang olahraga ini untuk Kejurnas antar PPLP di Bengkulu, 22-28 Oktober mendatang tengah dipersiapkan. Alhasil, Riau terpaksa absen didua nomor tersebut. 

Sebab, Riau hanya mengikuti 10 kelas dari 15 kelas yang dipertandingkan nantinya. Nomor yang absen tersebut diantaranya kelas 96 kg Gaya Bebas, 69 kg Gaya Greco, 66 kg Gaya Bebas, 63 kg Gaya Greco dan 42 kg Gaya Bebas.
 
"Kita selalu absen pada kelas berat, karena memang tidak ada atlet yang berpotensi untuk kelas itu. Selain itu juga program pembinaan kelas ini tidak merata di seluruh daerah," kata Pelatih Gulat PPLP Dispora Riau, Yudha Septia, Rabu (9/10/2013).
 
Dikatakan Yudha, sudah lama Riau tidak memiliki pegulat tingkat pelajar di kelas berat. Untuk itu, dirinya berharap agar pembinaan di daerah juga ditingkatkan. Agar pada setiap iven, minimal Riau bisa turun pada semua kelas yang dipertandingkan.
 
"Tetapi kita tetap optimis dengan pegulat dan kelas yang ada. Karena pada Popnas lalu kita sudah berhasil memberikan yang terbaik, yakni tiga medali emas," tambah Yudha.
 
Kelas yang akan diikuti Riau pada Kejurnas antar PPLP tahun ini antara lain 46 kg, 50 kg, 54 kg dan 58 kg untuk Gaya Greco. Sementara untuk Gaya Bebas antara lain 46 kg, 50 kg, 54 kg, 58 kg, 69 kg dan 85 kg. (rep1)