Fokus Rohil

MUI Ajak Ummat Berkurban

ilustrasi

UJUNG TANJUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rokan Hilir mengajak ummat muslim untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha tahun ini. Karena, dengan berkurban, kesadaran untuk hidup bermasyarakat akan terbina dengan sendirinya.

 
Imbauan ini disampaikan Ketua MUI Rohil, Drs H Wan Syaiful M Si, Selasa (8/10/2013). "Kita akui, untuk masalah (berkurban) ini kesadarannya ummat masih kurang. Makanya ditahun ini kita ajak mereka yang merasa mampu untuk tidak menunda berkurban,” sebut Wan Syaiful. 
 
Meski membenarkan masalah finansial sebagai latar belakang berkurban, Syaiful tak menampiknya. "Makanya kalau tahun ini rezeki kita berlebih, ya hendaknya melaksanakannya bagi yang mampu. Sekedar mengingatkan kan tak masalah," timpalnya.
 
Mengenai data yang dimiliki pihaknya untuk daerah yang minim melakukan kurban, Wan Syaiful menegaskan sering terjadi justru di daerah perkotaan. "Tak etis disebutkan daerah mana yang memiliki kesadaran rendah untuk berkurban. Tetapi faktanya sering kita temukan di daerah perkotaan malahan," katanya. 
 
Untuk menggugah masyarakat berkurban, Wan Syaiful mengajak masyarakat menanamkan niatnya dengan cara menabung. "Mulailah dari sekarang, menabung dengan rutin dengan niat tahun depan bisa berkurban adalah solusinya," sebut Wan Syaiful. (rep1)