Fokus Rohil

Warga Dambakan Pembangunan Gedung SMAN

BALAM JAYA - Masyarakat Balam Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah mendambakan pembangunan gedung sekolah menengah atas (SMA) berstatus negeri. Keseriusan warga itu dibuktikan dengan menghibahkan lahan untuk pembangunan SMAN tersebut di jalan lintas Riau-Sumut KM 32, tepatnya di Dusun Karya Maju.

 
Bahkan, usulan ini telah dibahas pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kepenghuluan beberapa waktu lalu.
 
Datuk Penghulu Balam Jaya, Suryadi S Sos berharap agar usulan warga itu secepatnya terealisasi. "Kita sudah siapkan lahan seluas 1 hektar untuk pembangunan gedung sekolah SMA berstatus negeri itu sesuai harap warga. Tingga lagi pihak Pemerintah Kabupaten apakah usulan ini direalisasikan atau tidak?," sebut Suryadi, Rabu (17/4).
 
Dari fakta yang ada, selama ini para siswa di daerah itu banyak bersekolah ke daerah lain. "Selama ini anak-anak sekolah ke luar, ada yang ke Bagan Sinembah hingga daerah lainnya. Tentu ini sangat menyulitkan anak-anak mendapatkan hak pendidikan," keluhnya.
 
Dari penelusuran, jarak tempuh sekolah favorit anak-anak sekitar yang terdekat dengan rumahnya yakni SMAN 2 Bagan Sinembah. SMAN 2 Bagan Sinembah sendiri harus ditempuh para siswa setiap harinya kurang lebih 18 kilometer.
 
"Itulah yang menjadi salah satu faktor ngototnya kami mendambakan gedung SMAN di Dusun Balam Jaya ini. Apalagi di daerah kita ini terdapat 7 sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP). Secara otomatis, anak-anak yang tamat dari 7 sekolah tingkat pertama itu bisa di tampung di SMAN yang kita dambakan nantinya," harap Suryadi. (rep-02)