Politik

DPT Pekanbaru Diperkirakan Menyusut di Pemilu 2014

 

PEKANBARU - Daftar Pemilih Tetap Kota Pekanbaru untuk Pemilu Legislatif  2014 yang disahkan tanggal 13 September lalu mencapai 660.826 orang. Namun, jumlah tersebut masih bisa menyusut karena adanya data ganda, warga meninggal dunia atau yang pindah ke daerah lain.
 
Hal itu dikatakan anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru Neni Astuti, Jumat (4/10/2013).
 
"Kita akan melakukan rekap DPT lagi tanggal 13 Oktober 2013, saat ini PPS dan PPK sedang menvalidasi data dan ,diperkirakan jumlah tersebut akan berkurang lagi. Warga yang meninggal, pindah, nama ganda, anggota TNI/Polri dihapus lagi dan yang belum terdaftar akan dimasukkan," katanya. 
 
Tahapan Pemilihan Legislatif saat ini, kata Neni, adalah pemutakhiran data pemilih sampai Oktober ini. Sedangkan  tahapan daftar calon tetap anggota dewan  sudah ditetapkan bulan Agustus lalu.  
 
"Saat ini para calon sudah bisa kampanye. Namun, setiap caleg hanya bisa memasang 1 baliho atau spanduk satu setiap kelurahan dan lokasi ditentukan pihak kelurahan. Kalau ada yang tidak sesuai aturan,  Panwaslu akan melakukan penertiban," ujar Neni.
 
Menurutnya, KPU Kota Pekanbaru sudah menyiapkan zona kampanye bagi para caleg. Ada sebanyak 58 zona yang merupakan zona pemasangan baliho atau spanduk bagi para caleg. "Zona ini berada di kelurahan dan sekarang sedang tahap penetapan titik-titik pemasangan alat peraga bagi peserta di zona kampanye itu," lanjut Neni.
 
Camat Sukajadi, Seniwati Hais, yang ditemui usai rapat dengan tujuh lurah di wilayahnya, Jumat (4/10/2013), mengatakan, pihaknya membahas tindak lanjut rapat dengan Kesbangpolinmas dan KPU Kota pada tanggal 2 Oktober lalu. 
 
"Kami para camat diminta enentukan zona dan pemasangan alat peraga kampanye Pemilu 2014," katanya kepada Metro Riau. (rep1)