Fokus Rohil

Pembebasan Lahan dan Amdal Bandara Teluk Bano Digesa

Maket Bandara Teluk Bano I Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Beberapa tahapan pelaksanaan rencana pembangunan lapangan bandar udara (Bandara) Teluk Bano I terus digesa oleh Pemkab Rohil. Kini, pembebasan lahan dan Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) tengah diserius dan diperkirakan rampung tahun ini. 

 
Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohil, H Muhammad Job Kurniawan M Si, Kamis (3/10/2013). 
 
"Kita rencanakan seperti itu. Dimana, pembebasan lahan dan menyangkut soal Amdal itu dapat diselesaikan di tahun anggaran 2013 ini. Kalau itu sudah berhasil dilaksanakan, maka dua tahapan rencana pembangunan lapangan bandar udara sudah selesai," kata Job.
 
Ditambahkannya, rencana pembangunan Bandara masuk ke tahapan berikutnya, yakni menyangkut fisik berupa sejumlah bangunan serta fasilitas sarana dan prasarana pendukung lainnya. 
 
"Intinya, tahun 2013 ini, masalah pembebasan lahan dan Amdal ditargetkan selesai. Tahun 2014 mendatang, baru masuk kepada pembangunan fisiknya. Luas lahan yang disiapkan untuk lokasi lapangan udara itu mencapai sekitar 300 hektare di daerah Telukbano II. Dan kita berharap, semua pelaksanaan pembangunan itu dapat berjalan sesuai tahapannya," jelas Job.
 
Mengacu soal landasan pacu, Job menjelaskan, Pemkab Rohil telah mengusulkan perlunya dilakukan penambahan. Dengan pertimbangannya, landasan pacu tersebut bisa memungkinkan bagi pesawat-pesawat besar untuk mendarat maupun lepas landas. 
 
"Hal ini sangat diperlukan, karena lokasinya sangat strategis. Misalkan, jarak dari Bagansiapiapi ke Pekanbaru memakan waktu selama delapan hingga enam jam. Kalau di sini sudah ada, maka tidak perlu lagi ke Pekanbaru. Termasuk bagi masyarakat Dumai lebih dekat menuju ke Rohil ketimbang ke Pekanbaru termasuk di daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sana," urainya. 
 
Dengan tersedianya lapangan bandar udara ini, lanjut Job, maka akses untuk menuju ke Kabupaten Rohil semakin mudah. Dengan kemudahan akses untuk menjangkau ke Rohil tersebut, jelas dapat memberikan kontribuisi positif bagi daerah. Salah satu diantaranya daerah semakin cepat untuk berkembang. "Ini dampak positif yang bakal dicapai. Sehingga, Rohil bisa semakin berkembang," harapnya. (rep1)