Kuota Hanya 217

Pelamar CPNS Rohil Telah Capai 689 Orang

Sekdakab Rohil Drs H Wan Amir Firdaus M Si

 

BAGANSIAPIAPI - Pelamar Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 yang baru saja dibuka beberapa hari lalu di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) hingga Selasa (1/10/2013) kemarin telah mencapai sebanyak 689 pelamar. Padahal, kuota yang dibutuhkan hanya sebanyak 217 orang dari berbagai kebutuhan.
 
"Terhitung dari pembukaan CPNS tanggal 27 September lalu, hingga tanggal 1 Oktober hari ini. sudah sebanyak 689 pelamar yang masuk ke panitia, jumlah tersebet terdiri dari semua jabatan dan formasi,"ujar Ketua Panitia Penerimaan CPNS sekaligus Sekda Rohil, Drs H Wan Amir Firdaus M Si. 
 
Secara rinci, 689 pelamar itu memasukkan bahan ke meja ke panitia terdiri dari tenaga pendidikan sebanyak 51 orang, tenaga kesehatan sebanyak 31 orang. Dan tenaga teknis sebanyak 337 orang.
 
"Jadi, jumlah sementara yang masuk saat ini sudah melebihi kuota CPNS Rohil yakni 217 orang. Dan semua lamaran ini telah masuk melalui kantor pos se Rohil, setiap harinya panitia menyemput di kantor pos. Kemudian panitia CPNS melakukan tahapan seleksi dan verifikasi terhadap berkas, bagi yang lengkap berkasnya akan di kirim ke BKD Propinsi, dan bagi yang tidak lengkap maka di katakan gugur," ungkap Wan Amir.
 
Tambah Wan, penerimaan berkas sementara saat ini belum ada berkas yang masuk dari luar daerah, malah masih banyak berkas yang masuk dalam golongan wilayah Rohil, namun demikian, Pemkab Rohil tidak menutup bagi pelamar dari luar yang akan mau melamar menjadi PNS Rohil.
 
"Hingga data terakhir belum ada di lihat berkas dari pelamar dari luar, semuanya masih pelamar dari Rohil. Pemkab tidak membatasi pelamar yang masuk dari luar daerah, bahkan berapa pun yang masuk lamaran ke Rohil ini tetap kita terima, dan pemkab tidak juga memberikan jumlah batas terhadap penerimaan PNS," tegasnya. 
 
Ditegaskan Wan Firdaus, di samping berjalanya penerimaan syarat CPNS saat ini, Panitia belum ada mendengar adanya calo yang bisa meluluskan penerimaan CPNS kepada pemalar. Namun Pemkab Rohil berharap kepada masyarakat kalau ada menemukan seseorang yang bisa menerima CPNS agar segera melapor kepada pemerintah.
 
"dalam penerimaan sistem CPNS saat ini, terhadap calo yang akan mengurus CPNS akan sulit, karna penerimaan tahun ini sangat ketat, telah melibatkan semua pengawas indenpenden dari pemerintah pusat dan daerah, namun kita tidak menutup kemungkinan calo akan ada, namun panitia hingga saat ini belum ada menerima informasi terhadap calo," kata Wan Amir. (rep1)