Fokus Rohil

Cuaca Ekstrim, Waspadai Diare

UJUNG TANJUNG - Akibat cuaca (ekstrim) belakangan ini, masyarakat diminta untuk mewaspadai bahaya penyakit diare.Apalagi, terinya matahari membuat sejumlah ruas jalan yang berdebu dan asap pembakaran lahan yang bisa saja menyebabkan ISPA.

 
Untuk itu, masyarakat terutama anak-anak yang secara fisik mudah terserang penyakit diharapkan dalam pantauan orang tua. "Tindakan awal yang harus dilakukan terhadap anak-anak adalah peran orang tua. Terapkan pola hidup sehat untuk menangkal berbagai penyakit disaat musim panas seperti ini," imbau Camat Tanah Putih, Suryadi SE kepada Metro Riau, Selasa (16/04). 
 
Menurutnya, usahakan keluar rumah hanya seperlunya. "Saat keluar, sebisanya menggunakan masker dan pelindung badan.Bagi orang tua, awasi anaknya tidak jajan sembarangan. Bila perlu anak-anak dibekali makanan yang dipersiapkan di rumah saat ke sekolah," pintanya.
 
Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Putih, dr Suarman membenarkan hal tersebut, penyakit menular yang dipengaruhi lingkungan cukup rawan. "Kalau sudah panas, air sulit dicari. Mulailah, muncul diare. Waspada juga terhadap ISPA," terangnya.
 
Untuk itu, menurut Suarman, lingkungan tempat tinggal harus diperhatikan. Jangan sampai ada air yang bisa menjadi tempat kuman untuk berkembang biak. "Perhatikan lingkungan tempat tinggal kita. Upayakan selalu sehat dan bersih," harapnya.(rep-1)