Komisi IV Tinjau UN

4 Absen, 8 Siswa Tak Kebagian Soal

UJUNG TANJUNG - Dihari kedua pelaksanaan ujian nasional (UN) di Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (16/4) sebanyak 4 siswa absen. Keempat siswa itu berasal dari SMAN 1 Simpang Kanan, 2 orang, SMK Simpang kanan, 1 orang dan MAS Al Falah, 1 orang siswa.

 
Sementara itu, Sekretaris Komisi IV Edison Jamil turut memantau pelaksanaan UN di SMAN 3 dan SMAN 2 Tanah Putih. Sejauh ini, pelaksanaan UN masih dikatakan aman dan terkendali meski masih diwarnai kekurangan lembaran soal seperti yang dialami 8 siswa SMAN 2 Tanah Putih.
 
Kepala UPT Dinas Bina Pengelola Sekolah Kecamatan Simpang Kanan, Husaini S Pd mengaku sejauh ini UN di wilayahnya masih belum menemukan kendala berarti. "Sampai memasuki hari kedua, pelaksanaan UN di Kecamatan Simpang Kanan berlangsung lancar dan tanpa ada gangguan berarti," katanya.
 
Menanggapi persoalan 4 siswa yang absen, dirinya menyebutkan bahwa keempat siswa tersebut sudah lama tak masuk sekolah. "Informasi dari tiap sekolah menyakut siswa kita yang absen disebabkan masalah pribadi hingga tidak masuk sekolah sejak lama," terang Husaini. 
 
Sementara menyangkut 8 siswa yang tak kebagian lembaran soal UN, Kepala Sekolah SMAN  2 Ujung Tanjung, Hj Rusnarwati S Pd Kepada Metro Riau menyebutkan kendala itu segera diatasi pihaknya dengan memperbanyak lembaran dengan cara memfoto copy soal. "Sudah kita cukupi lembaran soal yang kurang, hanya delapan lembaran jadi mudah untuk memfoto copy-nya," sebutnya.
 
Seiring dengan itu, agenda Komisi IV DPRD Rohil yang melakukan peninjauan UN di masing-masing kecamatan mengaku tak juga menemukan kendala berarti. 
 
"Dari pantauan kita, pelaksanaan UN berjalan lancar, hanya saja masih ditemui adanya kekurangan soal. Tetapi masih bisa diatasi," kata Sekretaris Komisi IV Edison Jamil. 
 
Sementara itu sejumlah anggota komisi lainnya seperti Dodi Saputra, Hj Rusmanita, M Rajin Ginting, Surya Darma dan Rosmida Sirait terang Edison juga meninjau UN di sekolah di kecamatan lainnya.
 
"Intinya dari yang kita pantau, pelaksanaan UN dari pertama sampai hari ini berjalan baik, kami berharap suasana seperti ini dapat terus terjaga hingga UN selesai," harap Edison.
 
Menurut Edison Jamil melihat ketenangan dan kesungguhan para peseta mengikuti UN diyakini tingkat kelulusan siswa tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu.
“Dari penyampaian kepala sekolah dan panitia UN, kita berharap pelaksanaan UN terus lancar dan kepada seluruh pihak diharapkan kerjasamanya mensukseskan pelaksanaan UN,” tandasnya. (rep-01)