Riau Raya

Jadwal Seleksi CPNS Riau Masih Kabur

PEKANBARU-Sampai saat ini, jadwal seleksi penerimaan CPNS di Provinsi Riau masih belum jelas. Pasalnya, KemenPAN-RB hingga kini belum memberikan lampu hijau.

Demikian dikatakan Kepala BKD Kota Pekanbaru, Hermainus, melalui sambungan telepon, Selasa (24/9/2013). "Sampai saat ini, KemenPAN belum memberikan sinyal dimulainya seleksi penerimaan CPNS di Pekanbaru, termasuk seluruh daerah di Provinsi Riau," katanya.

Bila KemenPAN RB telah memberikan sinyal, lanjutnya, BKD kabupaten/kota se-Riau yang menggelar penerimaan CPNS tahun ini bakal menggelar rapat dengan BKD Provinsi Riau.

Dalam seleksi CPNS tahun ini, katanya, Kota Pekanbaru hanya mendapat jatah kuota 30 orang. Itu pun hanya untuk tenaga guru saja. "Kita telah mengajukan usulan kebutuhan tenaga kerja ke pusat, namun yang disetujui KemenPAN hanya untuk 30 tenaga guru saja," paparnya.

Pendapat senada juga dikatakan Kepala BKD Inhil, Afrizal. Walau KemenPAN-RB telah merestui penerimaan 50 orang bagi Inhil, namun hingga kini kepastian penerimaannya masih kabur. ''Untuk jadwalnya belum bisa dipastikan, karena masih dalam tahap perencanaan. Mudah-mudahan, jika tidak ada perubahan, minggu depan sudah bisa diketahui,'' terang Afrizal.

Ada pun kuota 50 orang bagi Inhil itu terdiri dari 35 orang tenaga kesehatan dan 15 tenaga teknis.

Afrizal memastikan, proses dan sistem seleksi masih seperti tahun sebelumnya. Hanya saja, pusat menginginkan ujian tertulis kali ini langsung dilakukan dengan komputer, tidak memakai lembaran jawaban komputer. "Tapi sampai sejauh ini kita belum mendapatkan surat tentang hal itu," katanya.

Walau belum pasti, Afrizal mengimbau warga yang berminat mengikuti seleksi penerimaan CPNS segera mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan. Sehingga, saat diumumkan masyarakat sudah siap dengan berkas-berkasnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dan tergiur dengan ajakan oknum-oknum tertentu, yang ingin mengambil keuntungan pribadi dari keputusan penerimaan CPNS tersebut. ''Gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena Insya Allah tahun ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,'' imbuhnya.

Ketidakpastian seleksi CPNS juga diungkapkan Lukman, Sekretaris BKD Siak. Katanya, pihak telah siap mengumumkan jadwal bila pusat telah memberi restu. "Begitu dapat lampu hijau, kita akan umumkan melalui media online," kata Lukman.

Sekda Kuansing, Muharman juga mengakui ketidakpastian itu. Namun, dia berharap BKD Riau secepatnya memberi sinyal bagi daerah untuk memulai proses seleksi CPNS. Pasalnya, BKD Riau telah berkonsultasi dengan KemenPAN-RB pada Senin (22/9/2013) kemarin. "Kuansing pada seleksi CPNS tahun ini mendapatkan kuota sebanyak 93 orang," katanya.

Sementara Kepala BKD Rohil, Roy Azlan, juga mengaku tidak tahu kapan pengumuman jadwal seleksi penerimaan CPNS dilakukan. Pasalnya, petunjuk dari KemenPAN-RB belum turun.

"Kita belum dapat kapan jadwal pengumuman CPNS ini. Kita targetkan Kamis besok sudah diketahui jadwalnya. Bila itu tercapai, maka secepatnya kita umumkan syarat-syarat teknisnya kepada masyarakat," kata Roy.

Ada pun formasi CPNS Rohil tahun ini yang disetujui KemenPAN-RB sebanyak 217 orang. Dari jumlah itu, 40 persen untuk tenaga pendidik, sedangkan tenaga kesehatan dan teknis masing-masing 30 persen. "Jadi tidak ada persoalan lagi, dan Alhamdulliah Rohil terbilang kabupaten yang jumlah perekrutan CPNS terbesar sesudah Kabupaten Meranti," katanya dilansir halloriau.com.(rep2)