Parlemen

Penolakan Ruhut Citra Buruk Demokrat

JAKARTA - Penolakan anggota Komisi III DPR terhadap calon ketua Komisi III yang ditunjuk Fraksi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, berdampak pada citra partai tersebut yang menjadi buruk.

Demikian dikatakan Pengamat Tata Negara Universitas Gadjah Mada, Fajrul Falakh, saat berbincang dengan Sindonews, Rabu (25/9/2013). Menurutnya, Demokrat harus mempertimbang kan citra partainya.

"Demokrat harus mempertimbangkan bahwa penolakan anggota Komisi III itu serius, dan ini mempengaruhi citra partai," ujarnya dilansir Sindonews.

Jika Demokrat bersikukuh mempertahankan Ruhut sebagai Ketua Komisi III, maka citra Demokrat semakin terusik oleh mantan politikus Golkar itu. "Demokrat harus terbuka, ada banyak orang lain selain Ruhut," ucap Fajrul.

Lebih lanjut dia mengatakan, Demokrat harus mengganti Ruhut dengan figur anggota DPR dari Fraksi Demokrat yang lebih kompeten dan diterima anggota komisinya. "Maka Demokrat harus mempertimbangkan figur yang lebih kompeten dan diterima sama koleganya." imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, jabatan Ketua Komisi III DPR merupakan jatah Fraksi Partai Demokrat di DPR. Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Komisi III oleh Fraksi Demokrat, karena menghadiri peluncuran Ormas Perhimpunan Pergerakan Indonesia.

Fraksi Demokrat bermaksud mengganti Pasek dengan Ruhut Sitompul, namun Ruhut mendapat penolakan keras dari mayoritas anggota komisi bidang hukum tersebut. (rep1)