Kepsek dan Pengawas

Annas: Harus Mampu Atasi Masalah dengan Arif

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rohul, H Anaas Maamun, meminta kepala sekolah (kepsek) dan pengawas harus mampu menyikapi berbagai permasalahan secara arif dan bijaksana. Pasalnya, kedua unsur
ini merupakan garda terdepan secara langsung berada di tengah masyarakat, sehingga harus mampu memberikan hasil terbaik dalam memajukan pendidikan.

"Kita minta kepala sekolah dan pengawas, baik tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, mampu memberikan dan meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu," ujar Annas, beberapa waktu lalu,  
saat pelantikan puluhan kepsek dan pengawas, di GOR Batu Enam, Bagansiapiapi.
 
Bupati menekankan agar kepsek dan pengawas memiliki integritas dan kompetensi. Sebab masih banyak para pengajar yang belum sepenuh hati dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik. Ke depan ia minta kedua unsur ini dapat  meningkatkan kinerja, sekaligus mengharapkan mencari dimana letak titik kelemahan dan kekurangannya.  
 
"Jangan sampai guru lebih tahu dari siswa. Sebab guru mengajar asal-asalan. Sudah mengajar buku diletakan, dan akan mengajar kembali baru dilihat lagi. Seharusnya tugas guru, bagaimana anak yang belajar bidang studi yang diajarkan itu betul-betul mengerti. Kalau mereka tidak mengerti, maka sambung waktunya sampai mereka mengerti. Malam guru harus belajar dan mempersiapkan materi yang bakal diajarkan kepada siswanya besok pagi," papar Bupati.
 
Selain itu, Bupati mengingatkan, kinerja pejabat kepsek dan pengawas akan terus dipantau dan dievaluasi. Sebab sebagai penentu maju mundurnya pendidikan dalam memajukan sumber daya manusia, termasuk guru, kepala sekolah dan pengawas. Karena unsur ini berperan menentukan keberhasilan penyelenggaraan proses belajar mengajar dilingkungan Dinas Pendidikan di Rohil.
 
Achmad meminta kepsek dan pengawas dapat bekerja penuh dengan dedikasi dan bertanggungjawab. Sehingga sebagai abdi negara dan masyarakat mampu memberikan pelayanan yang prima. Selain itu juga dituntut memiliki tanggungjawab, kreatif, inisiatif dan motivasi serta sifat jujur. Ini dituntut mempunyai obsesi, visi, dan misi bekerja dengan gairah.
 
"Yang penting, kepsek dan pemngawas termasuk guru harus memiliki tanggungjawab moral terhadap pendidikan. Disiplin yang tinggi dan mampu bekerjasama dengan semua, terutama rekan-rekan supaya kompetensi dan integritas tersebut bisa terwujud. Seorang Kepala Kepala sekolah harus mampu meningkatkan kepercayaan dan amanah yang diberikan pimpinan," tandasnya.(rep-01)