Fokus Rohil

34 Calon Praja IPDN Asal Rohil Ikuti Tes Kesamaptaan

net

BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 34 calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) asal Kabupaten Rokan Hilir tengah mengikuti tes kesamaptaan di Sekolah Polisi Negara (SPN)Pekanbaru, Senin (23/9/2013). Hasilnya, seluruh calon Praja Rohil dinyatakan lulus dan harus mengikuti tahapan tes selanjutnya.

"Calon Praja IPDN asal Rohil sebanyak 34 orang. Mereka baru saja menyelesaikan tes kesamaptaan dan dinyatakan lulus. Sebelumnya pada tes kesehatan juga tidak ada masalah dan lulus semua," sebut Kepala BKD Rohil, Roy Azlan,

Dijelaskannya, tes kesamaptaan bagi calon Praja diwajibkan menjalankan rangkaian kegiatan meliputi, lari jauh dan dekat, phus up, shit up, dan jongkok berjalan serta yang mengandung keolahragaan fisik lainnya. "Peserta Rohil bergabung dengan calon praja asal Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Siak, Rokan Hulu, dan Pelalawan. Total keseluruhan yang tergabung secara rinci meliputi, Bengkalis sebanyak 20 orang, Indragiri Hilir 5 orang, Kuantan Singingi 4 orang, Siak 9 orang, Rokan Hulu 12 orang, Pelalawan sebanyak 6 orang, dan Rokan Hillir sebanyak 34 orang, Jadi totalnya 90 orang," rinci Roy.

Sedangkan, tambahnya, untuk kelompok calon praja IPDN asal kabupaten/kota di Riau lainnya yang mengikuti tes kesamaptaan pada Minggu (22/9/2013) lalu yakni, Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 11 orang, Kota Dumai 9 orang, Pekanbaru 77 orang, Kampar 10 orang dan Meranti 3 orang. "Biaya untuk tes kesamaptaan ini sebesar Rp300 ribu per orang dan diserahkan kepada pihak panitia, yakni Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau," terangnya.

Sebutnya, dari pembukaan tes masuk calon Praja IPDN asal Rohil beberapa waktu lalu, yang dinyatakan lulus administrasi berjumlah 71 orang. Kemudian dari jumlah 71 orang ini terjaring 51 orang setelah mengikuti tes psikologi hingga mengikuti tes kesamptaan saat ini tinggal 34 orang. (rep1)