Fokus Rohil

Seremban Jaya Kembangkan Budidaya Puyuh

BAGANSIAPIAPI - Kepenghuluan Seremban Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rohil mulai mengembangkan peternakan burung puyuh. Malahan, peternakan burung puyuh mampu memenuhi kebutuhan lokal.

"Dengan menggunakan dana bantuan dari Program Usaha Agrabisis di Pedesaan (Puap), warga kita yang ada Kepenghuluan Seremban Jaya itu mencoba mengembangkan usaha pertenakan dan budidaya burung puyuh. Tahap awal dikembang hanya sekitar 300 ekor. Belakangan sudah meningkat menjadi sekitar 800 ekor," kata Camat Rimba Melintang, H Syamzani, Senin (23/9/2012).

Melalui kegiatan seperti ini, lanjut Syamzani, jelas mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Salah satu diantarnya dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Sedangkan di sisi lainnya, dapat memberikan nilai positif bagi daerah. "Kalau melihat kondisi yang ada, daerah kita ini memiliki banyak potensi yang perlu untuk digarap secara optimal," sebutnya.

Selain budidaya burung puyuh, Kepenghuluan Seremban Jaya memiliki potensi di bidang tanaman salak pondoh. ''Malahan, salah pondoh yang dikembangkan masyarakat di Serembanjaya itu sudah berhasil. Harapan kita, usaha-usaha seperti ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sampai masa-masa mendatang,'' kata Syamzani. (rep1)