Nasional

Mendag Akui Harga Kedelai Mundak

JAKARTA - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan kembali mendatangi perajin tahu dan tempe. Hari ini Gita mengunjungi salah satu sentra produksi tahu di Jalan Srikaya RT 07/06, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur.

Tidak hanya berkunjung, Gita juga berencana melakukan operasi pasar untuk kedelai. Gita bekerja sama dengan Gakoptindo dan PT Gerbang Cahaya Utama menyediakan 16 ton dengan harga kedelai per kg hanya Rp 8.350/kg.

Para perajin tahu mengaku masih membeli kedelai dengan harga tinggi. Harga per kg kedelai saat ini masih dikisaran Rp 9.500-10.000/kg. "Sekarang harga kedelai masih Rp9.500 per kg, kalau kedelai untuk tempe Rp10.000. Belum turun harga dari distributor," kata perajin tahu Maman dilansir detikfinance, Jumat (21/9/2013).

Setiap hari Maman membutuhkan 400 kg kedelai. Kedelai dipasok dari agen distributor. Maman berharap kunjungi Gita hari ini dapat dengan segera menurunkan harga kedelai. "Kalau saya butuh 400 kg kedelai/hari. Omset turun hingga 30% karena harga kedelai naik. Saya berharap kunjungan pak menteri hari ini dapat segera menurunkan harga kedelai di tingkat agen," katanya.

Kunjungan Gita kali ini ditemani oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Srie Agustina dan Ketua II Gakoptindo Suyanto. Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hassan yang sedianya datang berhalangan hadir. (rep1)