Fokus Rohil

Hasil Ikan Rimba Melintang Dipasarkan ke 3 Kecamatan

ilustrasi

RIMBA MELINTANG - Sejumlah potensi yang ada di wilayah Kecamatan Rimbamelintang, Kabupaten Rohil secara bertahap tampaknya terus dioptimalkan oleh masyarakat. Selain bergerak di sektor pertanian, ternyata Kecamatan Rimba Melintang mampu menghasilkan pakan ikan dilakukan oleh Pokdakan Mina Sentosa asal Kepenghuluan Lenggadaihulu.

''Pokdakan Mina Sentosa itu mampu memproduksi pakan ikan yang rata-ratanya mencapai sekitar 2 ribu kilogram perbulan. Olahan pakan ikan yang diproduksi Pokdakan Mina Sentosa ini dipasarkan di tiga yakni, Rimba Melintang, Bangko Pusako dan Batuhampar," kata Camat Rimbamelintang, H Syamzani didampingi Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Rohil, Alkahfi Sutikno, Selasa (18/9/2013).

Harga jual pakan ikan itu sendiri, tambah Syamzani, hanya mencapai sekitar Rp 4 ribu perkilogramnya. ''Bahan baku pengolahan pakan ikan itu berupa ikan dan ditambah dengan berbagai jenis dari kegiatan pertanian. Malahan, hasilnya produksinya cukup bagus dan tidak kalah dengan buatan pabrik. Dan terus terang, melalui kegiatan seperti ini, jelas mampu memberikan nilai tambah bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Mengingat potensinya yang cukup bagus, maka keberadaannya sangat perlu untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi,'' kata Syamzani.

Di sisi lainnya, besarnya potensi di sektor budidaya perikanan air tawar melalui media kolam, tampaknya telah membuat usaha pengolahan pakan ikan di Kecamatan Rimbamelintang kembali bermunculan. Lokasinya yakni masih berada di Kepenghuluan Lenggadaihulu. Usaha yang baru ini nanti direncanakan mampu menghasilkan sekitar 200 kilogram perjam. Dengan adanya satu lagi usaha pembuatan pakan ikan itu setidaknya potensi yang ada di Kecamatan Rimbamelintang kembali mampu dioptimalkan.

''Memang satu satu lagi sudah beroperasi di bawah binaan Pokdakan Mina Sentosa. Dan satu lagi, belum beroperasi. Direncanakan, yang satu lagi itu dioperasikan dalam waktu dekat ini. Mudah-mudahan, semua dapat berjalan sesuai yang direncanakan,'' kata Syamzani.

Dengan adanya dua usaha pengolahan pakan ikan di Kecamatan Rimbamelintang tersebut, di sisi lainnya yakni mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang bergerak di sektor perikanan dan kelautan. Dimana, usaha pengolahan pakan tersebut memerlukan bahan baku berupa rancah ikan yang biasanya terdapat di daerah pesisir pantai. Diantaranya seperti di Kecamatan Bangko, Kecamatan Kubu, Kecamatan Sinaboi dan Kecamatan Pasirlimau Kapas.(rep1)