Hukum

Wakil Kepala Polda Riau Segera Diganti

PEKANBARU-Kapolri Jendral Polisi Timur Pradopo telah mengeluarkan telegram rahasia (TR) terkait mutasi perwira menengah (Pamen). Termasuk Jabatan Wakil Kepala kepolisian Daerah (Wakapolda) Riau juga akan diganti. 
 
Diinformasikan, Wakapolda Riau, Kombes Pol. Drs. Agus Sofyan Abadi alumni Akabri tahun 1984 itu akan menduduki jabatan barunya di Badan Narkotika Nasional (BNN) RI. Sementara jabatan Wakapolda Riau yang baru akan diisi oleh Kepala Biro Operasional (Kabiro Ops.) Polda Jatim Kombes Pol. Drs. Abdul Ghafur alumni Akabri 1986. 
 
Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Riau, AKBP Hermansyah SH SIK dilansir riauterkini.com, Senin (16/9/13). 
 
"Benar. TR-nya sudah keluar. Wakapolda Riau akan diganti. Kombes Pol. Agus Sofyan Abadi akan pindah tugas ke BNN. Sedangkan yang mengisi jabatannya adalah Kombes Pol. Abdul Ghafur yang saat ini masih menjabat sebagai Kabiro Ops Polda Jatim," kata Hermansyah. 
 
Dipaparkannya, acara serah terima jabatan (sertijab) akan dilaksanakan, paling lama dua pekan mendatang. Sekaligus dengan sertijab Pamen Pejabat Utama Polda Riau, Kapolres di jajaran Polda Riau serta seluruh anggota yang dimutasikan pada TR sebelumnya. "Jadi, sertijab yang sebelumnya memang sudah dijadwalkan. Namun, ditunda. Sekaligus dengan sertijab pejabat Wakapolda ini, nantinya," ungkap Hermansyah. 
 
Seperti yang diberitakan sebelumnya, termasuk AKBP Hermansyah SH SIK yang akan dipindah tugaskan menjabat sebagai Direktur Reserse (Dir Res) Narkoba Polda Riau, ada sejumlah nama pejabat utama Polda Riau lainnya serta Kapolres yang akan diganti. Menggantikan Hermansyah, jabatan Kabid Humas Polda Riau akan diisi oleh Kapolres Pelalawan, AKBP Guntur Aryo Tejo. 
 
Sejumlah nama lainnya, termasuk Dir Res Narkoba, Kombes Pol. DTM Silitonga akan duduk di jabatan barunya sebagai Dir Reskrimum (Reserse Kriminal Umum) yang menggantikan Kombes Pol. Drs. Diat Chardy yang akan pindah menjadi dosen tinggi Akademi Kepolisian (Akpol). (rep03)