Fokus Rohil

Tangis Haru Warnai Pelepasan Calon Haji Rohil

BAGANSIAPIAPI - Pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rokan Hilir secara serentak dilakukan di kecamatan masing-masing. Dari jumlah sebanyak 207 JCH yang dilepas, Senin (16/9/2013) kemarin, tangis haru mewarnai acara dengan lantunan ayat-ayat suci sambil memulai perjalanannya menuju ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.

Perjalanan awalnya dimulai dari daerah asal menuju ke Pekanbaru yang diberangkatkan berdasarkan rayon masing-masing. Prosesi pemberangkatan JCH Rohil dari rayonnya masing-masing tersebut diwarnai dengan isak tangis dari para kerabat dan sanak saudara serta ahli keluarganya.

Di Kecamatan Bangko misalnya, Camat H Muhammad Nurhidayat turut melepas pemberangkatkan JCH Rohil yang tergabung dari Rayon A terilah haru dan membuat bola mata keluarga dan JCH berkaca-kaca. ''JCH Rohil dari Rayon A yang kita berangkatkan itu, jumlahnya hanya sebanyak 71 orang. Dan memang, prosesi pemberangkatannya penuh dengan rasa haru. Banyak para pengunjung yang sempat meneteskan air mata,'' kata Nurhidayat yang terlihat kondisi matanya agak sembab menahan rasa haru.

Sementara, rombongan JCH Rohil dari Rayon A merupakan gabungan dari beberapa kecamatan. Diantaranya Kecamatan Bangko, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kecamatan Batu Hampar dan Kecamatan Pekaitan. Prosesi pemberangkatannya sendiri dipusatkan di Masjid Agung Al - Ikhlas di
Jalan Gedung Nasional Bagansiapiapi. Pelaksanannya pemberangkatannya dimulai sekitar pukul 08.15 wib dengan menggunakan dua unit bus angkutan umum. ''Selama berada di tanah suci, diharapkan para JCH kita dapat terus menjaga kekompakan dan menciptakan kebersamaan,'' kata Nurhidayat.

Selain itu, tambah Nurhidayat, para JCH Rohil selama berada di tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji dihimbau agar tetap dapat menjaga kesehatan. Hal tersebut sangat diperlukan mengingat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci sebagian besar menggunakan tenaga. ''Kesehatan itu sangat penting. Untuk itu, jaga agar kondisi kita tetap sehat ketika berada di tanah suci. Ini harapan kita,'' kata Nurhidayat.

Perjalanan JCH Rohil dari rayon A menuju ke Pekanbaru tersebut dipandu langsung oleh Patwal yang disiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Rohil serta dari unsur Satlantas Polres Rohil. Jumlah JCH Rohil yang direncanakan berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini tercatat sebanyak 207 orang yang berasal dari sejumlah Kecamatan.

Dari Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kecamatan Rantau Kopar dan Kecamatan Batu Hampar masing-masing satu orang. Kemudian dari Kecamatan Bangko sebanyak 71 orang, Kecamatan Rimba Melintang 16 orang, Kecamatan Bangko Pusako 11 orang, Kecamatan Kubu dan Kecamatan Simpang Kanan masin-masing 5 orang, Kecamatan Pasir Limau Kapas 6 orang, Kecamatan Pujud 14 orang, Kecamatan Tanah Putih 33 orang dan Kecamatan Bagan Sinembah 43 orang.

Sama seperti di kecamatan lainnya, keberangkatan JCH rayon B yakni Kecamatan Bangko Pusako, Kecamatan Rimba Melintang dan Kecamatan Tanjung Melawan juga dilepas dengan haru. Kepala KUA Rimba Melintang, Ahmad Asyura mengharapkan JCH dalam kondisi sehat hingga pulang ke tanah air.

"Untuk JCH Kecamatan Bangko Pusako berjumlah 11 orang, Kecamatan Rimba Melintang 16 orang dan Kecamatan Tanjung Melawan 1 orang. Alhamdulillah keberangkatan mereka semuanya serentak menggunakan mobil bus menuju ke Pekanbaru dan keesokannya menuju Batam lalu ke tanah suci. Kita doakan mereka selamat sampai kembali ke tanah air nanti," ujar Ahmad di dampingi Camat Rimba Melintang, H Syamzani SH, Kapolsek Rimba Melintang, Ipda Zulhainan serta para tokoh masyarakat. (rep1)