Sport

Mayweather Perpanjang Rekor

Floyd Mayweather Jr

LAS VEGAS – Petinju asal Amerika Serikat, Floyd Mayweather Jr mempertahankan sabuk juara WBA Super Light Middleweight dan merebut WBC & The Ring Light Middleweight usai menang angka atas Saul ‘Canelo’ Alvarez dari Meksiko. Kemenangan tersebut juga membuat petinju 36 tahun itu memperpanjang rekornya menjadi 45-0 (45 menang dan belum pernah seri atau pun kalah).

Pada pertandingan yang dihelat di MGM Grand Hotel & Casino, Minggu (15/9/2013) siang WIB tersebut, Mayweather menunjukkan dominasinya atas Canelo, yang sebelumnya juga belum pernah menelan kekalahan. Pukulan-pukulan yang dilancarkan Mayweather begitu terarah dan efisien. Dia berhasil membuat Canelo frustrasi dan membuktikan ucapannya -Canelo hanyalah lawan biasa.

Mayweather unggul mayoritas dengan rincian skor yang ditetapkan juri, 117-111 116-112, serta skor kontroversial dari CJ Ross 114-114. Saat diumumkan, raut wajah Mayweather menunjukkan kekecewaan mendengar skor yang dikeluarkan CJ Ross tersebut. Namun akhirnya Mayweather kembali semringah saat diumumkan dialah pemenangnya, dan kemudian mengangkat sabuk juara tinggi-tinggi.

Dengan kekalahan tersebut, rekor milik Canelo sedikit tercoreng, yaitu 42 kemenangan 1 kekalahan, 1 hasil imbang. Sebelumnya, pada April lalu, petinju berusia 23 tahun itu menang atas Austin Trout dari Amerika Serikat dengan kemenangan mutlak yang diraih dalam 12 ronde.

Sementara itu, bagi Mayweather, kemenangan tersebut semakin menahbiskan dirinya sebagai salah satu petinju asal Amerika Serikat yang ditakuti. Sebelum melawan Canelo, peraih medali perunggu pada Olimpiade Atalanta 1996 itu menang mutlak atas petinju AS Lainnya, Robert Guerrero pada 4 Mei 2013.  (rep1)