*Soal Bus, Penginapan, Carter Pesawat Haji

Kesra Rohil Enggan Komentar Soal Anggaran Haji 2013

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Dana yang digelontorkan Pemerintah Daerah Kabupaten Rohil dalam setiap pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) cukup besar mulai dari biaya makan minum, bus pemberangkatan, penginapan, carter pesawat dibebankan pada pos anggaran bagian kesra tahun 2013.

Sayangnya pihak bagian kesra sekda kab Rohil sendiri enggan berkomentar mengenai besarnya anggaran daerah yang telah dikeluarkan untuk pemberangkatan musim haji tahun 2013."Terhadap masing biaya yang di keluarkan untuk Jamaah Haji ini belum dapat saya ketahui, mulai jumlah pengantar dan ongkos biaya sewa lainnya. Karna dalam biaya haji ini ada panitianya yaitu PPTK nya. Dan yang lebih tahu terhadap seluruh biaya keberangkatan haji ini yaitu PPTK,"kata Kabag Kesra Setdakab Rohil H Basarudin, ketika dikonfirmasi, Minggu (15/9).

Menurutnya, CJH asal Rohil yang diberangkatkan sesuai dengan rayon masing-masing kelompok, pemberangkatan dilakukan serentak pada Senin (16/9) di lepas langsung Wakil Bupati Rohil H Suyatno."Seluruh CJH asal Rohil akan berangkat Senin 16/9), pukul 07.30 Wib dari Bagansiapiapi menuju Pekanbaru mengunakan Bus, selanjutnya menuju embarkasi batam esoknya mengunakan Pesawat Lion Air,"katanya.

Dikatakan, untuk musim haji tahun 2013 jumlah CJH asal Rohil sebanyak 207 orang, pemerintah daerah menyediakan bus carter yang cukup banyak. Karna selain di isi oleh jamaah yang berangkat, juga dari panitia dan perwakilan Pemkab turut mengantar jamaah."Dalam keberangkatan jamaah haji ke Pekanbaru dan Batam akan diantar oleh panitia haji dan beberapa perwakilan dari Pemkab Rohil. Dan bus yang akan di gunakan sebanyak 7 bus ke Pekanbaru, sementara para jamaah haji akan di inapkan dihotel labersa Pekanbaru selama semalam,"rincinya.

Namun sayangnya bagian kesra belum dapat memberikan jawaban kongkrit mengenai anggaran yang dikeluarkan untuk makanan minum, biaya carter bus, penginapan dan carter pesawat. Padahal masyarakat ingin mengetahui jumlah anggaran yang telah dikeluarkan dari dana pemerintah daerah tersebut.

Sebelumnya diberitakan jadwal keberangkatan JCH asal Rohil yang tergabung dalam keloter 9, akan diberangkatkan dari Bagansiapiapi Senin 16 September 2013, dan menginap semalam di Pekanbaru, dari Pekanbaru langsung berangkat menuju embarkasi Batam Selasa (17/9) kemudian Rabu (18/9) bertolak ke tanah suci Mekkah.
Jemaah Calon Haji asal rohil akan diberangkatkan dalam 6 rayon, yakni rayon I Kecamatan Bangko, Pasir Limau Kapas, Batu Hampar, Pekaitan, untuk Rayon II Bangko Pusako, Rimbo Melintang dan Tanahputih Tanjung Melawan, Rayon III Tanahputih dan Rantau Kopar, Rayon IV Pujud, Rayon V Kecamatan Kubu dan Kubu Babusalam dan rayon VI Kecamatan Bagansinembah dan Simpangkanan.
Rayon I pemberangkatnya dipusatkan dari Masjid Agung jalan Utama, Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko. Pemberangkatanya akan dilaksanakan pada pukul 08.00 Wib dengan jumlah CJH sebanyak 72 orang. Rayon II sebanyak 28 orang. Rayon III sebanyak 34 orang. Rayon IV sebanyak 5 orang. Rayon V Pujud sebanyak 14 orang dan Rayon VI Kecamatan sebanyak 48 orang.(rep7)