Barcelona vs PSG

Menanti Tuah Camp Nou

BARCELONA - Barcelona akan saling bunuh dengan Paris Saint Germain di leg kedua Perempatfinal Liga Champions, Kamis (11/4) dinihari WIB. Blaugrana berharap tuah Stadion Camp Nou membantu mereka lolos ke babak semifinal.

 
Bermain di hadapan publik Catalan di Camp Nou, El Barca berbekal dua gol saat menahan imbang 2-2 PSG di Paris. Pasukan Tito Vilanova ini punya keunggulan agregat gol tandang. Los Cules hanya butuh hasil imbang tanpa gol untuk lolos ke semifinal.
 
'Kesaktian' Camp Nou diyakini dapat memudahkan Barca menyingkirkan PSG. Keangkeran stadion berkapasitas 99 ribu penonton itu sebelumnya sudah dirasakan AC Milan pada leg kedua babak 16 besar. Berbekal kemenangan 2-0 di leg pertama, Rossoneri harus angkat koper karena dibalas dua kali lipat atau 4-0 oleh Blaugrana di Camp Nou.
 
Barca akan bermain tanpa beberapa pemain pilarnya karena cedera. Lionel Messi masih diragukan bisa tampil. Messi mengalami cedera hamstring pada pertemuan pertama di Parc des Princes dan terpaksa diganti saat jeda.
 
Karena masih menjalani program rehabilitasi di bawah pengawasan fisioterapis klub, Messiah baru memasuki lapangan di akhir sesi latihan. Jika pemulihan tersebut sesuai rencana, Messi kemungkinan besar sudah siap tempur untuk menghadapi PSG. Akan tetapi, staf pelatih Barcelona kabarnya tak ingin terlalu memaksakan sang bintang untuk turun sejak menit pertama dan baru dimainkan jika dibutuhkan.
 
Sementara itu, kondisi di lini pertahanan lebih memprihatinkan di mana sejumlah bek mengalami cedera. Meski demikian, Xavi Hernandez yakin timnya mampu memenangi laga. "Kami optimistis, karena kami akan bermain di kandang dan kami tahu kami adalah klub favorit, tapi PSG punya tim hebat. Ini bukan tim kecil, tapi sebuah klub besar," katanya seperti dilansir detiksport.
 
"Kami optimistis tentang leg pertama, karena kami bermain imbang 2-2 saat tandang. Sedikit kurang beruntung, tapi itu bukan hasil yang buruk, itu adalah hasil yang bagus," tambahnya.
 
Meski banyak pemain cedera, Xavi tetap percaya pemain lain tak kalah kualitas dan siap menggantikan mereka yang absen. "Kami berjuang dengan banyak cedera di belakang. Puyol telah menjalani operasi, Abidal baru saja kembali dari sakit berkepanjangan dan serius, Adriano cedera, dan sekarang Mascherano juga. Tapi kami punya cukup kualitas di dalam skuad untuk menggantikan mereka," katanya.
 
Barca telah menunjukkan kemampuan mereka meski tanpa beberapa pemain inti. Mereka menghancurkan Real Mallorca lima gol tanpa balas di liga, akhir pekan kemarin.
 
Bertanding di Camp Nou, diakui PSG menjadi tantangan besar. Bagi Zlatan Ibrahimovic hal itu merupkan laga yang sulit. Tapi dia juga percaya bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk PSG membuat sejarah. "Akan menjadi tantangan sulit bagi kami," ucap Ibra. "Tapi saya berharap pertandingan tersebut bisa menjadi waktu yang tepat bagi kami untuk mengukir sejarah," harap mantan striker Barca itu.
 
Pelatih PSG, Carlo Ancelotti, menegaskan timnya tak akan terlena sekalipun Messi masih diragukan merumput. Menurutnya, absen tidaknya Messi tidaklah begitu signifikan bagi tim sekelas Barcelona. Dikatakannya, tugas PSG untuk melaju ke babak selanjutnya pun tak akan jadi lebih mudah dengan ketidakhadiran Messi.
 
"Kami harus bertahan, tapi tujuan kami tidak hanya untuk bertahan. Kami juga harus menunjukkan usaha. Dengan atau tanpa Messi, itu sama saja buat kami. Untuk mencapai semifinal, kami juga tetap harus menang," ujarnya.
 
PSG dipastikan bakal diperkuat Thiago Motta, yang absen di pertemuan pertama. Motta dinyatakan telah fit usai mengalami cedera pangkal paha. Satu-satunya pemain PSG yang bakal absen di laga kontra Blaugrana hanya bek Blaise Matuidi. Pria berusia 26 tahun tersebut tak bisa merumput karena harus menunaikan skorsing.
 
Kembalinya Motta jelas menjadi suntikan kualitas ekstra untuk pasukan Carlo Ancelotti yang wajib meraih kemenangan atau imbang di atas skor 2-2 jika ingin lolos ke Semifinal Liga Champions. (rep01)