Fokus Rohil

Mewujudkan Rohil yang Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing 2016

Bupati H Annas Maamun meresmikan penggunaan kantor Kemenag Rohil sekaligus menyerahkan pemakaian gedung kepada Sekjen Bimas Islam RI, Prof DR Muhaimin

BAGANSIAPIAPI - Berdasarkan kondisi masyarakat Kabupaten Rokan Hilir saat ini dan tantangan yang dihadapi dalam 5 tahun mendatang maka visi pembangunan Rohil yang hendak diwujudkan tahun 2016 adalah "Terwujudnya Rohil yang Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing 2016".

Visi pembangunan tersebut harus dapat diukur untuk mengetahui tingkat kemajuan dan kesejahteraan yang ingin dicapai pada tahun 2016. Tingkat kesejahteraan dinilai berdasarkan berbagai ukuran. Ditinjau dari tingkat perkembangan ekonomi, kemajuan dan kesejahteraan diukur dari tingkat kemakmurannya yang tercermin pada tingkat pendapatan dan pembagiannya.

Bupati Rohil H Annas Maamun menyerahkan duplikat kunci mobil operasional para perangkat kecamatan untuk meningkatkan kinerja. (rep1)

Kemajuan dan kesejahteraan suatu daerah juga dapat diukur berdasarkan indikator kependudukan, termasuk derajat kesehatan. Daerah yang sudah maju dan sejahtera ditandai dengan laju pertumbuhan penduduk yang rendah, angka harapan hidup yang lebih tinggi dan kualitas pelayanan sosial yang lebih baik.

Daerah yang maju dan sejahtera juga ditandai oleh peran serta rakyat secara nyata dan efektif dalam segala aspek kehidupan, baik ekonomi, politik, maupun pertahanan keamanan. Disamping itu, kemajuan suati daerah juga dapat diukur dari kemampuan daya saing. Berdaya saing disini adalah bahwa Kabupaten Rokan Hilir menjadi kabupaten yang diperhitungkan di provinsi Riau, baik dari segi kualitas pemerintahan, tingkat kesejahteraan, pemerataan, pelayanan, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

Bupati Rohil H Annas Maamun berbincang dengan Wabup H Suyatno dan Sekdakab Drs H Wan Amir Firdaus M Si serta pejabat lainnya membahas persoalan pembangunan di Kabupaten Rokan Hilir. (rep1)

Selanjutnya, untuk mewujudkan cita-cita sesuai dengan visi, maka misi pembangunan daerah Kabupaten Rokan Hilir adalah memperkuat ekonomi masyarakay melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, memajukan sektor pertanian, industru dan jasa. Kemudian, memperkuat sumber daya alam manusia yang berkualitas dan meningkatkan derajat kesehatan masayarakat. Serta, mewujudkan pemerintahan yang handal, bersih dan berwibawa dan memantapkan pembangunan masyarakat yang berbudaya melayu berlandaskan iman dan taqwa.


Prioritas Pembangunan Disegala Sektor

Tahun anggaran 2013 Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir merencanakan beberapa program pokok dan strategis. Antara lain, melanjutkan program pengentasan kemiskinan melalui program perkebunan rakyat, terutama pada kantong-kantong kemiskinan.

Wabup Rohil H Suyatno berbincang akrab dengan para Muspida dan Upika dalam suatu kesempatan di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir. (rep1)

 

Membangun rumah layak huni, berobat gratis, sertifikasi lahan penduduk miskin, mencetak lahan sawah baru, melakukan pembinaan usaha budi daya perikanan serta memberikan bantuan bea siswa bagi siswa yang kurang mampu dan berprestasi.

Khusus untuk pembagunan rumah layak huni, sejak tahun 2010-2013 Pemerintah Rokan Hilir telah mengalokasikan setiap desa sebanyak 5 (lima) unit rumah, begitu pula untuk tahun anggaran 2014. Pembagunan infrastruktur,meliputi lanjutan pembangunan pusat perkantoran rokan hilir yang telah dimulai sejak tahun 2010. Sedangkan pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jaringan jalan, pada tahun 2014 terus dilanjutkan.

Wabup Rohil H Suyatno berfoto bersama para pelajar dalam kegiatan sosialisasi bahaya narkoba di salah satu SMA di Rokan hilir. (rep1)

 

Terutama pembangunan jalan pada daerah-daerah yang masih terisolir. Untuk tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir akan fokus untuk membuka ketelisoliran di Kepenghuluan Air Hitam, Kecamatan Pujud.

Khusus untuk pembangunan jalan lintas pesisir, untuk ruas jalan Panipahan-Teluk Piyai, Teluk Piyai-Pedamaran, Pedamaran-Bagansiapiapi telah ditangani dan dianggarkan oleh pemerintah Provinsi Riau melalui APBD provinsi Riau, dan diharapkan pada tahun 2013 dianggarkan oleh pemerintah provinsi Riau dengan alokasi anggaran yang lebih besar lagi.  Karena, diharapkan dengan selesainya pembangunan jembatan Pedamaran, ruas lintas jalan pesisir ini akan fungsional.

Bupati H Annas Maamun menyerahkan surat tanah dan gedung Kemenag Rohil untuk difungsikan kepada Kakanwil Kemenag Riau, Drs H Tarmizi Tohor MA disela acara peresmian pemakaian kantor tersebut. (rep1)

 

Begitu pula pembangunan bandar udara Rokan Hilir, yang penetapan alokasinya telah disetujui Menteri Perhubungan RI akan menjadi prioritas pembagunan 2013 yang pendanaannya diharapkan dari pemerintah pusat. Sedangkan untuk pemerintahan air bersih akan diupayakan melalui pihak swasta, yang saat ini telah ada yang mengajukan penawaran investasi air bersih di Kabupaten Rokan Hilir. (rep1)