Riau Raya

Hari Ini, 89 Pebalap Bersaing di Tour de Siak 2013

SIAK - 89 pebalap dari sebelas tim nasional dan tujuh tim asing akan berpartisipasi dalam lomba balap sepeda Tour de Siak 2013 yang digelar di Siak, Riau, pada 13-15 September. Mereka akan memulai pertandingan Etape pertama, Jumat (13/9) hari ini.
 
Ketua Pelaksana Tour de Siak Amin Budyadi, di Siak, Kamis (12/9), mengatakan setiap tim menurunkan lima pebalap, kecuali tim balap Persatuan Lumba Basikal Selangor, Malaysia, yang hanya menurunkan empat pebalap.
 
"Alhamdulillah jumlah peserta melebihi target awal kami yaitu 15 tim yang terdiri atas 10 tim nasional dan lima tim asing," kata Amin.
 
Tujuh tim asing yang berlaga pada Tour de Siak 2013 ini berasal dari Bahrain, Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, dan Brunei Darussalam.
 
Sementara sebelas tim nasional di antaranya berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sidoarjo, Jawa Tengah, dan Riau.
 
Sejumlah nama-nama pebalap nasional seperti Tonton Sutanto, Ryan Ariehaan, Aiman Cahyadi akan bersaing dengan pebalap internasional seperti Eddy Holland, Neil Van Der Ploeg, dan San Smith.
 
Tour de Siak terdiri atas tiga etape perlombaan yang akan menempuh jarak kurang lebih 450 km.
 
"Etape pertama sudah siap dan akan dilaksanakan pada Jumat (13/9) setelah shalat Jumat pukul 14.00 WIB," tambah Amin.
 
Delapan puluh sembilan pebalap nasional dan internasional akan melakukan start semu di depan Istana Siak, sementara start asli akan diambil di depan Gedung Lembaga Adat Melayu Riau.
 
Etape pertama Siak-Sungai Apit mempunyai jarak tempuh 115,45 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 30 menit. Total hadiah yang diperebutkan pada Tour de Siak mencapai Rp380 juta.
 
Diberitakan GoRiau.com, sebelum pelaksanaan Etape I lomba, panitia penyelenggara mengadakan "Fun Bike" atau sepeda santai pada Kamis (12/9) yang mengambil start di depan Istana Kerajaan Siak.
 
Kurang lebih 3.000 peserta mengikuti kegiatan sepeda santai, yang menyajikan hadiah utama tiga sepeda motor dan 11 sepeda motor. (rep03)