Fokus Rohil

Distanak Rohil Kekurangan PPL

net

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Pertenakan (Distanak) Kabupaten Rokan Hilir mengaku kekurang tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Jumlah tenaga PPL saat ini baru mencapai 70 orang, sementara dari jumlah tersebut tak sebanding dengan luasnya lokasi.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distanak) Kabupaten Rokan Hilir, Ir Muslim, Kamis (12/9/2013. Menurutnya,  dengan jumlah tersebut diniali masih kurang karena tidak sebanding dengan luas wilayah serta jumlah warga masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir ini. "Meski PPL sudah melakukan pekerjaan maksimal dilapangan ,namun hasilnya dinilai belum  mencapi target yang diharapkan," jelasnya.

Semeskinya, sambungnya, tenaga PPL satu desa satu orang. Dengan demikian jumlah PPL sudah tidak sebanding dengan jumlah desa. "Sekarang ini dengan jumlah PPL yang ada kita hanya bisa membagi dan satu PPL sampai menangai 4 desa, tentunya hasil yang kita harapkan tidak maksimal dengan kondisi tersebut," terang Muslim.

Meski demikian, Dinas Pertanian kedepannya akan menambah tenag honor untuk PPL sehingga, beban tugas yang banyak ini pelan-pelan dapat diatasi secara bertahap. "Secara bertahap tenaga PPL ini akan kita tambah melalui tenaga honor,karena kita akui tanaga PPL masih kurang, apalagi sebagian tenaga PPL  yang PNS ini sudah mulai ada yangpensiun," tuturnya.

Terkait dengan sistem kerja tenaga PPL yang mendatangi kelompok-kelompok petani atau peternakan di perkampungan penduduk secara berkala. Muslim menjelaskan bahwa PPL diwajibkan memberikan penyuluhan dan penjelasan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan pertanian dan pertenakan. "Namun mereka tidak saja memberikan penyuluhan mengenai peternakan,tapi juga bertujuan  memberdayakan melalui motivasi dan merubah pola pikir dan prilaku," urainya. (rep1)