Fokus Rohil

Tim Vovinam Target Ulangi 5 Emas di SEA Games XXVII

Jakarta - Meski belum populer, cabang olahraga vovinam berhasil meraih lima emas pada SEA Games 2011 lalu. Di tahun ini, tim vovinam Indonesia bertekad mengulang keberhasilan serupa di Myanmar.

Vovinam adalah olahraga bela diri yang berasal dari Vietnam. Meski di Indonesia popularitasnya belum besar, toh olahraga ini sudah menyumbang lima emas saat SEA Games digelar di Palembang dua tahun lalu.

Atas dasar itulah tim vovinam Indonesia pede memasang target saat akan kembali berlaga di SEA Games. Lima medali emas dicanangkan oleh tim Indonesia. "Walau bukan tuan rumah, kami tetap yakin dan optimis bisa sumbang lima medali emas," kata manajer pelatnas vovinam, M. Shiddiq, dilansir detiksport, Kamis (12/9/2013).

Untuk mewujudkan target tersebut pengurus besar Vovinam sudah menjadwalkan agenda uji coba demi meningkatkan kualitas tim. "Sudah, uji cobanya dua kali. Mei lalu kami ke Kamboja, ikut Kejuaraan Asia Tenggara, bulan Mei kemarin. Lalu yang terakhir ke Myanmar, itu pre-SEA Games, akhir Agustus kemarin," lanjut dia.

"Hasilnya juga lumayan bagus, di Myanmar, kami berhasil meraih empat emas, dua perak dan sembilan perunggu. Makanya kami semakin yakin dan optimistis, target yang dicanangkan PB bisa berhasil," ujarnya lagi.

"Kami melaksanakan satu agenda lagi, kami ingin pergi ke Vietnam, akhir Oktober. Atau selambat-lambatnya awal November. Saya berharap akhir Oktober, karena bulan November itu kita sudah pindah pelatnasnya. Jadi dari Bali pindah ke Ciloto, Puncak. Di sana (Ciloto) itu suhu udaranya hampir mirip dengan Myanmar, sekitaran 14 sampai 16 derajat. Makanya kita pilih," tambahnya.

Di Myanmar nanti, tim vovinam yang berjumlah 34 atlet akan turun di 18 nomor pertandingan. Antara lain nomor 50-55 kg, 55-60 kg, 60-65 kg, singel (hand), singel (stick), double (sword 1 + hand 1), leg attack (4 putra), multi weapon (4 putra), 45-50 kg putri, 50-55 putri, 55-60 putri, singel (hand) putri, singel (sword) putri, double (hand) putri, double (sword), mix double, with weapon, dan without weapon.

Dari 18 jumlah nomor yang dipertandingkan, Vietnam masih menjadi negara yang perlu diwaspadai pada SEA Games nanti. "Itu karena negara Vietnam adalah sumbernya vovinam. Jadi mungkin agak sulit. Tapi kita tetap berusaha tampil sebaik mungkin, agar target tercapai," katanya. (rep1)