Riau Raya

Pencairan Beasiswa Riau Molor Lagi

ilustrasi

PEKANBARU - Penerima bantuan beasiswa pendidikan dari Pemprov Riau kembali harus bersabar. Pasalnya, pencairanya yang semula direncanakan tanggal 9 September, kini molor lagi ke pada tanggal 18 September.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Kesra, Syahrial Abdi, melalui Kepala Bagian Pendidikan Agama, Anshari Kadir, Rabu (11/9/2013). Dikatakanya lagi, jumlah yang diterima mahasiswa pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. "Insya Allah tak ada halangan, mudah-mudahan akan kita cairkan minggu ketiga bulan September, tepatnya pada tanggal 18 september mendatang," kata Anshari

Dijelaskannya, bantuan pendidikan dan bantuan beasiswa untuk mahasiswa tahun 2013 ini berjumlah Rp 21 miliar untuk 3.974 orang mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa S1, S2 dan S3. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yakni sekitar 3.118 orang dengan anggaran  Rp10 miliar lebih.

Menurut Anshari, anggarannya untuk S-1 Rp3,5 juta per proposal, S-2 sebanyak Rp3,5 sampai 4,5 juta dan S-3 Rp8 juta untuk dalam provinsi. Untuk yang di luar provinsi, S-2 Rp5 juta, S-2 luar negeri Rp7 juta dan S-3 luar negeri Rp10 juta. "Bantuan pendidikan bagi mahasiswa dalam provinsi dan di luar provinsi memang berbeda nilainya. Kita harapkan kepada penerima beasiswa dapat menggunakan dengan sebaik mungkin," katanya.

Untuk pengambilan beasiswa tersebut, kata Anshari, setiap mahasiswa harus kembali menunjukkan fotocopy kartu mahasiswa. Mahasiswa juga diminta membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran. "Meski anggaran beasiswa, namun laporan penggunaannya akan dipertanggungjawabkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," sebutnya.(rep1)